Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Beroperasi Lagi, Cek Lokasi SIM Keliling Terdekat di Jakarta

Kompas.com - 31/10/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui SIM keliling di kawasan Jakarta sudah kembali beroperasi lagi pada 25 Oktober 2022 yang lalu.

Sebelumnya, pelayanan SIM keliling tersebut sempat ditiadakan dan dialihkan ke Satpas terdekat karena adanya perbaikan sistem yang dilakukan sejak Rabu (19/10/2022) yang lalu.

Dikutip dari laman @TMCPoldaMetro, ada 5 titik pelayanan SIM keliling yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perpanjangan SIM hari ini, Senin (31/10/2022). Jam operasionalnya adalah pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB.

Berikut ini adalah lokasinya:

  • Jakarta Timur: Mall Grand Cakung
  • Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
  • Jakarta Barat: LTC Glodok, Mall Citraland
  • Jakarta Pusat, Kantor Pos Lapangan Banteng

Baca juga: Kapolri Perintahkan Anggota Polisi Tidak Naik Mobil Mewah

Perlu diingat, masa berlaku SIM saat ini adalah 5 tahun. Perpanjangan harus dilakukan sebelum masa berlaku SIM tersebut habis. Telat satu hari pun, pemilik SIM tidak bisa memperpanjang SIM dan harus melakukan pembuatan ulang.

Namun untuk diketahui, layanan SIM keliling hanya melayani perpanjangan untuk jenis SIM A dan SIM C. Perpanjangan SIM B harus dilakukan di Satpas, karena prosesnya lebih rumit dan menggunakan alat simulator yang tidak disediakan di SIM keliling.

Baca juga: Pecco Bakal Jadi Orang Italia Pertama yang Juara MotoGP Setelah Era Rossi

Sejumlah persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon yang ingin melakukan perpanjangan SIM, di antaranya adalah fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotokopi SIM lama dan SIM asli.

Aturan biaya perpanjangan SIM diatur dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.