Tanpa Kick Starter, Benarkah Aki Motor Baru Lebih Cepat Soak?

Kompas.com - 08/08/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan Agen Pemegang Merk (APM) sepeda motor modern, saat ini sudah meninggalkan fitur kick starter.

Alasannya, pabrikan menganggap banyak pengguna motor yang tak membutuhkan peran kick starter. Bahkan ada juga dinilai sudah kuno. 

Sebagi pengganti, motor baru dibekali fitur indikator info voltase tegangan aki. Dengan harapan, saat aki mulai ngedrop, bisa segera terdeteksi pemilik. 

Baca juga: Motor Jarang Dipakai, Baiknya Ganti Oli Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Namun demikian, pertanyaan para pemilik motor soal keawetan usia pakai aki masih jadi perdebatan. Pasalnya, aki yang tiba-tiba soak bisa membingungkan.

Aki motor diukur dengan avometerDok. DAM Aki motor diukur dengan avometer

Menurut Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim, dari indikator voltase tegangan pada instrumen cluster bisa diketahui kondisi aki masih bagus atau mulai soak.

Sinyal, kerusakan aki akan terlihat dan mudah dipantau pemilik motor dari nyala lampu indikator yang berkedip. 

"Sebelum aki drop atau terjadinya masalah kelistrikan indikator akan nyala berkedip. Jadi tidak langsung gagal starter tapi ada warning peringatan," kata Nurhadi kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022). 

Pertama kali motor distarter indikator ini sudah nyala, bedanya hanya durasi waktunya sebentar. Bila lebih lama dari biasanya, bisa diduga ada masalah sistem kelistrikan. 

Meski demikian, tanda-tanda aki tekor juga bisa dideteksi, seperti starter yang berat, bunyi klakson jadi lemah, atau lampu sein berkedip lambat. 

"Kalau aki sampai tekor membuat tidak bisa starter kan sebelumnya ada tanda-tandanya. Voltase aki berkurang saja motor susah di nyalakan," ucapnya. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Gonta-ganti Merek Oli Bikin Mesin Motor Bermasalah?

Ilustrasi aki motor YamahaDok. YIMM Ilustrasi aki motor Yamaha

Hal serupa dikatakan Hari Santoso Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi yang menjelaskan, agar tetap aman dan tidak mengalami masalah aki tekor, pemilik harus memperhatikan indikator informasi. 

"Indikator tegangan aki ini untuk memberikan data aktual terkait kondisi voltase aki dan kelistrikan," katanya. 

Meskipun sudah tidak menggunakan kick starter bukan berarti akan membuat aki cepat rusak. Menurut Hari, selama dilakukan perawatan secara baik maka usia aki juga bisa awet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.