Kompas.com - 27/10/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Panel instrumen cluster pada mobil-mobil baru, menjadi sarana informasi sekaligus bentuk komunikasi dengan pengendara.

Karena bila ada masalah atau malfungsi pada sektor mesin, kelistrikan, dan lainnya, mobil akan memberikan informasi kepada pengendara melalui indikator yang menyala di meter cluster.

Mulai dengan informasi waktu servis kendaraan, adanya overheat, masalah pada aki, kebocoran oli, dan lain sebagainya. Karena itu pengendara wajib peka terhadap kode yang diberikan mobil.

Lantas bagaimana cara mengetahuinya? 

Baca juga: Puluhan Mercedes-Maybach Harga Miliaran Rupiah Ludes Terjual di Indonesia

Indikator check engine yang nyala menandakan ada sektor yang bermasalah. Biasanya pada bagian kelistrikan.

Lampu indikator check engine nyala menandakan masalah kerusakan sensor kendaraan Dicky Aditya Wijaya Lampu indikator check engine nyala menandakan masalah kerusakan sensor kendaraan

Terlebih, sistem kerja mesin injeksi proses kompresi diatur sepenuhnya oleh satu perangkat, yakni electronic control unit (ECU). Mekanisme pencampuran bahan bakar, oli, dan sinkronisasi data masing-masing komponen termonitor dengan detail. 

Jika mengalami malfungsi pada salah satu komponen tertentu, sistem informasi ECU akan menyesuaikan data dan melaporkan langsung dari instrument cluster. 

Hal tersebut sesuai disampaikan Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto. Menurut dia, sistem informasi ECU merekap data kerusakan kendaraan dari sinyal yang dikirim sensor pada sejumlah komponen. 

"Tercatat semuanya, jadi informasinya cepat dan langsung terkirim. Sebelum gejala kerusakan bertambah berat, mudah diketahui pemilik," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (27/8/2022). 

Mesin overheat jadi momok menakutkan karena kerusakan serius kendaraan berpeluang terjadi jika dibiarkan berlarut-larut. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.