Kompas.com - 22/09/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar akhir-akhir ini kembali ramai. Pemilik mobil diingatkan agar waspada karena memiliki risiko yang cukup fatal.

Perlu diketahui, kasus mobil terbakar, baik saat digunakan atau ketika sedang parkir, tak hanya rawan pada mobil lawas, tapi juga poruksi baru.

Karena itu pemilik mobil harus paham titik-titik rawan kebakaran, seperti :

Baca juga: Alasan Kenapa Mesin Mobil yang Mati Tetap Bisa Terbakar?

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)

Modifikasi kelistrikan jadi pilihan menarik yang biasanya dilakukan pemelik mobil untuk mengganti dengan produk aftermarket, baik urusan pencahayaan sampai audio. 

Sayangnya, tak sedikit yang abai soal instalasi kabel, muladi dari kualitasnya sampai teknik penyambungan yang kadang jadi dalang penyebab korsleting

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, ada dua kasus mobil terbakar dalam setahun terakhir disebabkan kesalahan modifikasi kelistrikan. 

"Bulan Januari sama Mei kemarin ada dua kasus, penyebabnya sama yaitu kabel terkelupas akibat panas berlebihan. Jadi, pemilik ganti lampu projie tapi relay set-nya kurang bagus," ucap Bambang kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022). 

  • Aki 

Mekanik Astra Daihatsu Majapahit sedang melakukan cek kondisi aki. Dicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Majapahit sedang melakukan cek kondisi aki.

Kutub-kutub aki serta kabel yang kotor meningkatkan risiko aki meledak. Sebab, kotoran tersebut mampu menghambat aliran arus listrik dan menimbulkan loncatan bunga api.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.