Kompas.com - 19/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tikus tak hanya menjadi musuh petani, namun pemilik mobil, karena bisa memberikan efek buruk bila sampai menggigit kabel kelistrikan. 

Umumnya, tikus bisa menyusup lewat celah-celah kecil spatbor kemudian masuk dalam kap mesin. Ujung-ujungnya menyebabkan korsleting listrik yang berpotensi memicu kebakaran. 

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, tikus suka bersembunyi di tempat-tempat hangat. Biasanya dekat koil dan celah intake manifold

"Kabel-kabel kelistrikan di tempat persembunyian tikus kadang-kadang di gigit, tau-tau sudah mengelupas. Dan titik itu kan celahnya sempit, sulit ketahuan," kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (19/9/2022). 

Baca juga: Dampak dari Kabel Kelistrikan Mobil yang Digigit Tikus

 

Kabel-kabel kelistrikan mobil putus akibat digigit tikusDicky Aditya Wijaya Kabel-kabel kelistrikan mobil putus akibat digigit tikus

Dampak kabel yang digigit tikus bisa memicu korsleting, hasilnya mesin bisa malfungsi bahkan terbakar tiba-tiba.

Sensor putus akibatnya mesin tidak bisa hidup. Bekas kabel terkelupas, bisa bergesekan dengan massa arus hingga memicu percikan api. 

Kondisi tersebut sulit terdeteksi, umumnya bisa ketahuan jika sudah terbakar atau keluar asap. Perbaikan yang harus dilakukan pun butuh biaya yang tak sedikit. Kabel-kabel kelistrikan harus diurut satu-persatu. 

Baca juga: Kenali Salah Satu Penyebab Mobil Terbakar

Mobil Daihatsu Xenia milik warga Desa Gesikan, Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, ludes terbakar, Sabtu (17/9/2022).KOMPAS.COM/DOK POLRES KEBUMEN Mobil Daihatsu Xenia milik warga Desa Gesikan, Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, ludes terbakar, Sabtu (17/9/2022).

Maka dari itu, Bambang meminta, supaya pemilik rutin membersihkan seluruh bagian mobil. Jika ada gejala kerusakan atau curiga ada bekas tikus masuk bisa diketahui sejak awal. 

"Kap mesin kan sering luput dari perawatan, bukan hanya kebersihan tapi kalau ada gejala kerusakan atau kemasukan sesuatu bisa diketahui. Nanti bisa di beri kapur barus biar tidak ada tikus masuk," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.