Kompas.com - 19/09/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil Daihatsu Xenia milik Lina (37) warga Desa Gesikan, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah, ludes terbakar, Sabtu (17/9/2022).

Pangkal masalah kebakaran yang menimpa mobil bergenre LMPV tersebut, diduga akibat korsleting listrik dari kabel yang digigit tikus.

Kasubsi Penmas Polres Kebumen, Aiptu S Catur Nugraha menjelaskan, percikan api muncul pertama kali ketika orang tua Lina, Paryono (60) hendak memanasi mesin mobil. 

"Saat sedang memanaskan mesin mobil, sebelum terjadi kebakaran sempat tercium bau gosong dari arah mobil," kata Catur dikutip Kompas.com, Senin (19/9/2022). 

Baca juga: Cara Sedarhana Cegah Tikus Masuk ke Mobil

Belajar dari kejadian tersebut, pemilik mobil wajib mengetahui bila hewan pengerat seperti tikus suka menyelinap ke bagian kap mesin. Apalagi bila mobil parkir di tempat yang kotor. 

Jika terlanjur, kabel-kabel penting bakal menjadi sasaran bagi tikus, imbasnya, kelistrikan mobil jadi kacau bahkan berujung korsleting. 

Modifikasi downpipe dan intercooler Innova DieselDicky Aditya Wijaya Modifikasi downpipe dan intercooler Innova Diesel

"Fungsi kelistrikan dan sensor-sensor bisa terganggu. Mobil bisa mogok atau terparah bisa terbakar," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Senin (19/9/2022) Kompas.com. 

Baca juga: Modifikasi Lampu Mobil, Jangan Asal Sambung Kabel

Kabel-kabel kelistrikan tugasnya mengalirkan arus ke masing-masing komponen. Putus satu saja maka bisa menggangu kelistrikan.

Hal tersebut karena semua rangkaian terkoneksi. Terparah, kabel yang mengalami korsleting bisa jadi dalang kebakaran. Karena itu, perlu waspada terhadap bau gosong yang tiba-tiba muncul. 

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)

Bambang menyarankan, pemilik mobil harus menjaga kebersihan kendaraanya. Tempat-tempat kotor seperti kap mesin, kolong, dan celah roda jadi sarang persembunyian tikus. 

“Bersihkan mobil dari sisa makanan karena akan mengundang tikus datang. Kemudian hindari parkir mobil di samping tempat yang banyak makanan sisa misal tempat sampah, pasar dan lainnya,” kata Bambang.

 

 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.