Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes Benz Siapkan Truk GenH2 dengan Sistem Fuel Cell Hidrogen

Kompas.com - 22/09/2022, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang IAA Transportation di Hanover Jerman, Mercedes Benz Trucks turut memberi kabar soal pengembangan truk listrik bertenaga fuel cell hidrogen atau FCEV bernama GenH2.

Mercedes Benz Trucks berencana menghadirkan GenH2 pada babak kedua dekade atau sekitar 2025. Mengingat truk hidrogen bisa jadi solusi yang lebih baik, terutama untuk kendaraan niaga jarak jauh dan heavy duty.

Mercedes Benz melihat keuntungan dari penggunaan hidrogen untuk truk. Pertama punya jarak tempuh yang lebih jauh, fleksibel dan waktu pengisian hidrogen yang lebih singkat.

Baca juga: Truk Listrik eActros LongHaul Meluncur, Bisa Tempuh 500 Km

Mercedes Benz Trucks GenH2Daimler Truck Global Communication Mercedes Benz Trucks GenH2

Prototipe GenH2 sejak tahun lalu sampai sekarang masih diuji coba, baik di trek maupun jalan raya. Hidrogen cair lebih dipilih oleh Mercedes Benz karena punya energi yang lebih padat daripada gas.

Hasilnya, hidrogen yang dibawa bisa lebih banyak dan jarak tempuh semakin jauh dan punya performa seperti truk diesel konvensional. Tujuan pengembangan GenH2 truk adalah untuk memiliki jarak tempuh lebih dari 1.000 km.

Baca juga: Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit


GenH2 juga dikembangkan sesuai dengan karakter Actros long-haul dalam hal payload, jarak tempuh, sampai performa. Dua tangki hidrogen cair dan sistem fuel cell yang bertenaga ditujukan agar bisa tercapai jarak tempuh yang jauh juga kekuatan membawa beban.

Jadi nantinya, lini produk Mercedes Benz Trucks yang sudah bebas emisi ada banyak pilihan. Misalnya ada eActros 300/400, eActros LongHaul, dan GenH2 yang berbasis Fuel Cell Hydrogen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com