Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit

Kompas.com - 22/09/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Bukan pada tengah malam seperti kebiasaan sebelumnya.

Kenaikan ini berlaku untuk BBM subsidi Pertalite dan Solar, serta BBM non-subsidi Pertamax. Keputusannya, Pertalite yang sebelumnya dibanderol Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter.

Lalu, Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, kemudian Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Stok Pertalite di SPBU Pertamina Cikini, Jakarta Pusat terpantau tersedia meskipun terdapat antrean panjang kendaraan roda dua, Senin (4/4/2022).  KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY Stok Pertalite di SPBU Pertamina Cikini, Jakarta Pusat terpantau tersedia meskipun terdapat antrean panjang kendaraan roda dua, Senin (4/4/2022).

"Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," kata Jokowi, dalam Youtube Sekretariat Presiden (3/9/2022).

Bisa dibilang masyarakat Indonesia kena prank pemerintah karena mengira BBM bakal naik pada awal bulan, atau pada Kamis (1/9/2022).

Biasanya masyarakat punya tradisi mengisi BBM sampai penuh dengan harga lama, sebelum harga baru berlaku esok harinya.

Baca juga: Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Innova Reborn Diesel?

Berusaha menghemat meski hanya satu tangki BBM dengan harga lama, mereka biasanya berbondong-bondong mengantre. Bahkan jadi tradisi pemandangan barisan kendaraan di SPBU sudah terlihat sejak siang, sore, dan puncaknya malam hari hingga tengah malam, sebelum harga baru berlaku.

Namun sayang, pengumuman pemerintah ketika itu dilakukan siang hari. Kebanyakan dari mereka akhirnya gagal menikmati BBM dengan harga lama.

Baca juga: Punya Dana Miliaran Rupiah untuk Beli Mobil Listrik, Ini Pilihannya

Harga BBM Pertalite, Solar, Pertamax resmi naik 3 September 2022. KOMPAS.com/Nur Jamal Shai'id Harga BBM Pertalite, Solar, Pertamax resmi naik 3 September 2022.

Antrean Kendaraan di SPBU

Seiring penerapan harga baru BBM Petalite, Solar, dan Pertamax oleh pemerintah, justru terlihat ada fenomena antrean BBM. Situasi ini terjadi mulai sejak minggu pertama September, masyarakat mungkin masih terkena efek panic buying, waktu itu.

Dalam teori sosiologi, panic buying atau beli panik merupakan bentuk perilaku kolektif yang terjadi di masyarakat.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.