Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Dana Miliaran Rupiah untuk Beli Mobil Listrik, Ini Pilihannya

Kompas.com - 21/09/2022, 12:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil listrik di Indonesia sudah cukup beragam. Harga yang dibanderol pun juga bervariatif dan yang tertinggi bisa mencapai miliaran rupiah.

Meski harganya tembus miliaran rupiah, tapi tetap saja ada konsumen yang tertarik membelinya dengan beragam alasan. Salah satunya tentu saja untuk mendukung elektrifikasi di Indonesia dan berkontribusi dengan menggunakan mobil yang ramah lingkungan.

Baca juga: Kemenperin Mendorong TKDN Mobil Listrik dan Pengisian Daya Baterai

Berikut ini pilihan mobil listrik dengan banderol miliaran rupiah:
Tesla Model 3 (Rp 1,5 miliar - Rp 2,7 miliar)

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

Bagi Tesla, mobil listrik yang satu ini masuk kategori entry level. Dengan model sedan, Tesla menawarkan mobil listrik yang memiliki akselerasi cepat dan desain interior minimalis masa depan.

Model 3 termasuk salah satu yang terlaris yang dipasarkan oleh Tesla. Mobil ini diimpor oleh Prestige Image Motorcars dan dibanderol Rp 1,5 miliar (OTR Jakarta) untuk Standard Range, Rp 2,5 miliar (OTR Jakarta) untuk Long Range, dan Rp 2,7 miliar (OTR Jakarta) untuk Performance. Perbedaannya ada di jarak tempuh dan kemampuan akselerasinya.

Baca juga: Industri Otomotif Indonesia, Mobil Listrik dan ICE Berjalan Beriringan

Tesla Model Y (Rp 2 miliar)

Tesla Model Y di IIMS 2022.  Dikutip dari Bloomberg, Zhejiang Huayou Cobalt Co dan CNGR Advanced Material Co menandatangani perjanjian harga dengan Tesla, perusahaan raksasa kendaraan listrik milik Elon Musk, untuk pasokan hingga pertengahan dekade ini. Padahal, dua perusahaan China tersebut berdiri di Indonesia. KOMPAS.com/Ruly Tesla Model Y di IIMS 2022. Dikutip dari Bloomberg, Zhejiang Huayou Cobalt Co dan CNGR Advanced Material Co menandatangani perjanjian harga dengan Tesla, perusahaan raksasa kendaraan listrik milik Elon Musk, untuk pasokan hingga pertengahan dekade ini. Padahal, dua perusahaan China tersebut berdiri di Indonesia.

Selain Model 3, Prestige Image Motorcars juga mendatangkan Model Y ke Indonesia. Tipe yang ditawarkan adalah Long Range dengan harga Rp 2 miliar (OTR Jakarta).

Mobil ini memiliki jarak tempuh mencapai 533 kilometer dalam sekali pengisian. Untuk kemampuan akselerasinya, 0-100 kilometer per jam dapat ditempuh hanya dalam 4,8 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, tembus 217 kilometer per jam.

Tapi, ada juga tipe Performance yang dibanderol Rp 2,3 miliar (OTR Jakarta). Kemampuan akselerasinya lebih cepat lagi, yakni 3,5 detik untuk 0-100 kilometer per jam. Kecepatan maksimumnya mencapai 259 kilometer per jam.

Baca juga: Polri Siapkan 88 Mobil Listrik dan 94 Motor Listrik untuk Kawal KTT G20 Bali

Mini Electric (Rp 1,05 miliar)

Mini ElectricKompas.com/ApridaMegaNanda Mini Electric

Mini juga memiliki mobil listrik yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu. Mini juga tetap mempertahankan desain klasiknya.

Soal dapur pacu, Mini Electric menggunakan motor listrik dengan kapasitas 32,6 kWh dengan jarak maksimal 232 km. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 135 kWh atau 184 Tk dan torsi puncak 270 Nm. Kecepatan maksimumnya adalah 150 km.

Mobil ini dibanderol Rp 1,05 miliar (OTR Jakarta). Dengan menambah Rp 10 juta, konsumen bisa dapat Mini Electric Collection dengan beberapa aksesori tambahan yang membuatnya terlihat lebih sporty.

Baca juga: Baru Sebulan, Air EV Rebut Posisi Mobil Listrik Terlaris dari Ioniq 5

Lexus UX 300e (Rp 1,431 miliar)

Lexus UX 300e di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Lexus UX 300e di GIIAS 2022

Lexus memasarkan banyak mobil hybrid di Indonesia dan ada satu mobil listrik, yakni UX 300e. Mobil ini dibekali Permanent Magnet Motor, yang merupakan mesin motor listrik pertama lexus yang memiliki tenaga 200 TK dan torsi 300 Nm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com