Kompas.com - 21/09/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil listrik di Indonesia sudah cukup beragam. Harga yang dibanderol pun juga bervariatif dan yang tertinggi bisa mencapai miliaran rupiah.

Meski harganya tembus miliaran rupiah, tapi tetap saja ada konsumen yang tertarik membelinya dengan beragam alasan. Salah satunya tentu saja untuk mendukung elektrifikasi di Indonesia dan berkontribusi dengan menggunakan mobil yang ramah lingkungan.

Baca juga: Kemenperin Mendorong TKDN Mobil Listrik dan Pengisian Daya Baterai

Berikut ini pilihan mobil listrik dengan banderol miliaran rupiah:
Tesla Model 3 (Rp 1,5 miliar - Rp 2,7 miliar)

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

Bagi Tesla, mobil listrik yang satu ini masuk kategori entry level. Dengan model sedan, Tesla menawarkan mobil listrik yang memiliki akselerasi cepat dan desain interior minimalis masa depan.

Model 3 termasuk salah satu yang terlaris yang dipasarkan oleh Tesla. Mobil ini diimpor oleh Prestige Image Motorcars dan dibanderol Rp 1,5 miliar (OTR Jakarta) untuk Standard Range, Rp 2,5 miliar (OTR Jakarta) untuk Long Range, dan Rp 2,7 miliar (OTR Jakarta) untuk Performance. Perbedaannya ada di jarak tempuh dan kemampuan akselerasinya.

Baca juga: Industri Otomotif Indonesia, Mobil Listrik dan ICE Berjalan Beriringan

Tesla Model Y (Rp 2 miliar)

Tesla Model Y di IIMS 2022.  Dikutip dari Bloomberg, Zhejiang Huayou Cobalt Co dan CNGR Advanced Material Co menandatangani perjanjian harga dengan Tesla, perusahaan raksasa kendaraan listrik milik Elon Musk, untuk pasokan hingga pertengahan dekade ini. Padahal, dua perusahaan China tersebut berdiri di Indonesia. KOMPAS.com/Ruly Tesla Model Y di IIMS 2022. Dikutip dari Bloomberg, Zhejiang Huayou Cobalt Co dan CNGR Advanced Material Co menandatangani perjanjian harga dengan Tesla, perusahaan raksasa kendaraan listrik milik Elon Musk, untuk pasokan hingga pertengahan dekade ini. Padahal, dua perusahaan China tersebut berdiri di Indonesia.

Selain Model 3, Prestige Image Motorcars juga mendatangkan Model Y ke Indonesia. Tipe yang ditawarkan adalah Long Range dengan harga Rp 2 miliar (OTR Jakarta).

Mobil ini memiliki jarak tempuh mencapai 533 kilometer dalam sekali pengisian. Untuk kemampuan akselerasinya, 0-100 kilometer per jam dapat ditempuh hanya dalam 4,8 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, tembus 217 kilometer per jam.

Tapi, ada juga tipe Performance yang dibanderol Rp 2,3 miliar (OTR Jakarta). Kemampuan akselerasinya lebih cepat lagi, yakni 3,5 detik untuk 0-100 kilometer per jam. Kecepatan maksimumnya mencapai 259 kilometer per jam.

Baca juga: Polri Siapkan 88 Mobil Listrik dan 94 Motor Listrik untuk Kawal KTT G20 Bali

Mini Electric (Rp 1,05 miliar)

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.