Kompas.com - 21/09/2022, 08:12 WIB

DEMAK, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan dalam waktu dekat akan meluncurkan Innova hybrid, bahkan mobil ini sudah bisa dipesan.

Tentu kehadirannya akan bersaing ketat dengan Innova diesel yang lebih dulu tenar dengan keiritan konsumsi bahan bakarnya.

Terlepas dari itu, untuk menjaga performa mesin Innova reborn diesel perlu dirawat, minimal rutin melakukan penggantian oli mesin.

Baca juga: Begini Tanda EGR Innova Diesel Bermasalah

Perawatan wajib ganti oli mesinInnova Community Perawatan wajib ganti oli mesin

 

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan penggantian oli mesin Innova reborn diesel disarankan berdasarkan waktu, bukan lagi jarak tempuh.

“Ada perubahan, kalau dulu berdasarkan jarak tempuh, sekarang berdasarkan waktu, yaitu setiap 6 bulan sekali, kalau dikonversikan ke jarak ya sekitar 10.000 Km,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Dia mengatakan walau mobil jarang dipakai, penggantian oli mesin tetap perlu dilakukan dengan tepat waktu.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 450 Jutaan

Modifikasi simpel tetapi elegan Innova Reborn dengan ganti velg warna gold. Kompas.com Modifikasi simpel tetapi elegan Innova Reborn dengan ganti velg warna gold.

“Formula oli mesin sekarang ini memang seperti itu, ada masa kadaluarsanya, terlebih lagi sudah berada di dalam mesin,” ucap Eko.

Dia juga menjelaskan banyak pengendara memilih mengganti oli diulur-ulur, padahal hal itu malah merugikan.

“Jangan diulur-ulur untuk melakukan penggantian oli mesin, justru jika ingin mesim terawat, terlindungi dengan baik maka oli mesin perlu diganti tepat waktu, disarankan setiap 6 bulan, mau digunakan atau tidak digunakan,” ucap Eko.

Jadi, waktu ideal untuk mengganti oli mesin Innova reborn diesel adalah setiap 6 bulan sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.