Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Tekan Biaya, Kemenhub Siapkan Subsidi Konversi Motor BBM ke Listrik | Dijual Rp 17 Jutaan, Motor Listrik Honda U-GO Mau Masuk Indonesia?

Kompas.com - 21/09/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya percepatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengupayakan pemberian subsidi terhadap biaya konversi dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Kemenhub sendiri sudah menerbitkan sejumlah regulasi. Pertama, soal melalui Peraturan Menhub Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Selain itu,  Prinsipal Honda mengatakan akan menghadirkan setidaknya 10 model motor listrik sampai 2025. Motor-motor tersebut akan hadir dalam berbagai model.

Targetnya juga tidak main-main, secara global Honda menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta unit pada 2030.

Sebagai salah satu kontributor penjualan utama, PT Astra Honda Motor (AHM) juga akan meluncurkan motor listrik di Tanah Air.

 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 21 Juni 2022 :

 

1. Tekan Biaya, Kemenhub Siapkan Subsidi Konversi Motor BBM ke Listrik

Sementara untuk kendaraan selain motor, seperti mobil, bus, dan kendaraan lainnya telah diatur dalam Peraturan Menhub Nomor No 15 Tahun 2022 tentang Konversi Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Kami bersama kementerian/lembaga dan unsur terkait tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik, khususnya untuk sepeda motor," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Tekan Biaya, Kemenhub Siapkan Subsidi Konversi Motor BBM ke Listrik

 

 

2. Dijual Rp 17 Jutaan, Motor Listrik Honda U-GO Mau Masuk Indonesia?

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

Terlebih komitmen Honda dalam laju kendaraan elektrifikasi di Indonesia menjadi lebih krusial, karena AHM merupakan penguasa pasar roda dua Tanah Air, dengan pangsa pasar sampai 77 persen pada 2021.

Salah satu skuter listrik Honda yang sudah hadir sejak tahun lalu ialah Honda U-GO. Motor ini diluncurkan oleh Wuyang Honda, Agen Pemegang Merek (APM) Honda di China.

U-Go dipasarkan dengan dua tipe, yakni regular dan low speed. Desainnya cukup minimalis, tidak banyak lekuk pada bagian bodinya. Di satu sisi, motor listrik ini juga jadi terlihat futuristik.

Baca juga: Dijual Rp 17 Jutaan, Motor Listrik Honda U-GO Mau Masuk Indonesia?

 

3. Toyota Innova Hybrid Punya Tiga Varian, Simak Bocoran Detailnya

Toyota Innova Hybrid kabarnya sudah buka pemesanan dengan estimasi harga mulai Rp 455 jutaan. Ada tiga varian yang ditawarkan untuk kendaraan elektrifikasi ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com