Kompas.com - 13/09/2022, 12:31 WIB
|

KENDAL, KOMPAS.com - Pemilik motuba semakin dimudahkan dengan pelayanan bengkel-bengkel spesialis Air Conditioner (AC). Pasalnya, untuk penggantian onderdil bisa lebih mudah karena adanya suku cadang persamaan alias common parts.

Jadi, onderdil AC pada motuba yang jumlahnya terbatas bisa disiasati dengan suku cadang mobil-mobil modern yang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Bukan lagi menjadi rahasia, bahwa onderdil sistem AC pada motuba bisa memakai kepunyaan mobil-mobil modern. Hal itu mudah saja dilakukan bagi bengkel spesialis AC.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Namun, perlu diketahui bahwa antara onderdil orisinal motuba dengan mobil-mobil modern memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja itu?

Pemilik Lison AC Muhlison mengatakan, onderdil mobil-mobil modern memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan milik motuba, tapi bahan yang digunakan lebih tipis dan sederhana.

Onderdil mobil modern tentu memiliki performa lebih baik karena teknologi yang digunakan makin modern, lebih mudah mudah ditemukan di pasaran juga, bahkan bisa saja harganya jauh lebih murah dengan spesifikasi yang sama,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Muhlison mengatakan, hal itu membuat onderdil mobil modern sekali rusak harus diganti, tanpa perlu repot-repot diperbaiki.

“Onderdil mobil-mobil modern kan banyak dijumpai di pasaran, harganya juga terjangkau, selain itu untuk diperbaiki juga susah, jadi memang disarankan kalau rusak ya diganti saja,” ucap Muhlison.

Dia juga menjelaskan sementara onderdil orisinal motuba lebih sulit ditemukan di pasaran karena tidak banyak yang berani menstok barangnya.

Baca juga: Tanda-tanda AC Mobil Kekurangan Freon

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

“Siapa yang berani nyetok, jika onderdil motuba bisa digantikan dengan onderdil mobil modern? selain itu jika rusak masih bisa diperbaiki, jadi peluang lakunya itu kecil, hal itu membuat harga onderdil motuba mahal, dan sulit ditemukan di pasaran,” ucap Muhlison.

Jadi, mau pilih mana onderdil orisinal motuba yang awet dan performanya standar atau part persamaan mobil modern yang lebih baik performanya, lebih mudah dtemukan, harga lebih murah tapi sekali rusak harus ganti?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.