Kompas.com - 13/09/2022, 12:12 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Mobil-mobil modern memang memiliki sistem AC yang lebih bagus daripada mobil-mobil tua. Hal ini tidak terlepas dari komponen-komponen yang mendukungnya.

Hampir semua mobil-mobil modern menggunakan komponen utama yang lebih rumit dengan bahan yang lebih sederhana. Seperti kondensor dan evaporator, meski memiliki kemampuan yang lebih baik, komponen tersebut umumnya berbahan tipis dan rapat.

Hal itu lah yang menyebabkan komponen AC mobil modern tidak bisa diperbaiki. Sehingga, sekali mengalami rusak atau bocor maka solusinya harus diganti.

Baca juga: Benar atau Tidak, Kekurangan Freon Bisa Bikin AC Mobil Rusak

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan bukan tidak mau untuk memperbaiki, tapi tidak memungkinkan onderdil seperti kondensor dan evaporator pada mobil modern untuk diperbaiki.

“Evaporator dan kondensor pada mobil-mobil modern itu sudah berbeda dengan mobil-mobil tua, bahannya lebih tipis dan rapat, hal itu yang menyebabkan komponen tersebut tidak mungkin untuk diperbaiki,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan untuk memperbaiki kondensor dan evaporator yang bocor, biasanya membutuhkan kemampuan khusus dan itu pun hanya bisa efektif untuk perbaikan pada komponen AC mobil-mobil tua.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Menambal kebocoran pada evaporator atau kondensor itu kan harus dilas pakai bahan aluminium, kalau pipanya yang bocor terlalu rapat dengan pipa lainnya seperti pada mobil-mobil moden kan nggak mungkin bisa ditambal,” ucap Muhlison.

Tidak hanya itu, komponen-komponen utama AC pada mobil modern juga seakan didesain untuk pemakaian sampai waktu tertentu saja. Bahannya itu tipis dan sederhana, mungkin hal ini juga untuk menekan biaya produksi.

“Bahan yang tipis juga semakin mempersempit keberhasilannya, hampir semua mobil-mobil modern seperti itu seakan desainnya memang untuk sekali pakai saja,” ucap Muhlison.

Baca juga: Mengenal Fungsi Sight Glass pada AC Mobil

Sight glass dapat membaca kondisi freonErwin Setiawan Sight glass dapat membaca kondisi freon

Jadi, komponen utama sistem AC seperti kondensor dan evaporator pada mobil-mobil modern sekali rusak memang harus diganti, karena desainnya yang lebih rapat serta bahan yang digunakan lebih tipis. Hal itu tentu sulit untuk diperbaiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.