Ganti Kompresor AC Persamaan Motuba Saat Onderdil Orisinal Sulit

Kompas.com - 13/09/2022, 11:22 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Pemilik mobil tua bangka atau motuba harus bisa berpikir kreatif agar performa mobil tetap prima di tengah derasnya penjualan mobil-mobil modern.

Onderdil pada sistem AC untuk motuba semakin langka saja, kalau pun ada biasanya lebih mahal karena harganya bisa suka-suka. Maka dari itu, tidak sedikit spesialis AC melayani penggantian onderdil persamaan.

Sehingga, onderdil sistem AC seperti kompresor yang sudah langka bisa diganti dengan kepunyaan mobil-mobil modern. Dengan catatan, perlu memperhatikan kesesuaiannya.

Baca juga: Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan untuk penggantian kompresor AC dengan persamaan mudah saja, asal ada onderdil yang sesuai.

“Memang kompresor AC bisa diganti dengan merek lain atau kepunyaan mobil lain, tapi tidak bisa sembarangan, harus memilih yang sesuai, karena kemampuan mesin setiap mobil tidak sama, hal itu juga berpengaruh pada kinerja kompresor AC,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan penggantian kompresor AC persamaan harus melihat bentuknya, tidak harus sama tapi harus bisa klop.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Penggantian Oli Kompresor AC Mobil?

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

“Bentuk kompresor tidak harus sama, tapi harus bisa klop mulai dari puli magnetic clutchnya, besarnya, dudukan dan kemampuannya,” ucap Muhlison.

Dia menjelaskan bila bicara onderdil persamaan maka perlu kreativitas dalam berpikir. Selama pemasangannya bisa presisi, kuat, dan spek onderdilnya sesuai maka aman digunakan.

Kompresor persamaan harus menyesuaikan kapasitas mesin loh, kalau kompresornya terlalu besar, mesin akan bekerja terlalu berat, itu akan membuat mesin terbebani, pilih kompresor persamaan yang speknya sesuai dengan kapasitas mesin,” ucap Muhlison.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Minta Ganti

Jadi, onderdil persamaan, khususnya kompresor AC perlu memperhatikan bentuk mekanisme, dan spesifikasi, sehingga sistem AC dapat bekerja dengan harmoni yang ujung-ujungnya akan menghasilkan kualitas AC yang bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.