Kompas.com - 13/09/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia Juli lalu. Motor yang diperkenalkan di GP Mandalika Maret lalu ini jadi senjata Aprilia terjun di segmen skutik bongsor.

SR-GT 200 merupakan model keenam Aprilia di Indonesia. Motor yang pertama kali meluncur global di EICMA 2021 tersebut melengkapi RS4 RF, RS4 RR, Shiver 900, RS 660 dan Tuono 660.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

Tes Aprilia SR-GT 200 KOMPAS.com/Dio Tes Aprilia SR-GT 200

Duduk di atas jok SR-GT 200, pengendara Kompas.com dengan tinggi 168 cm dan beerat 72 kg mesti jinjit. Jok dengan tinggi 799 mm tersebut cukup tinggi buat postur di bawah 170 cm.

Posisi setang nyaman karena cukup tinggi dan lebar. Posisi kaki juga tidak terlalu menekuk dan bisa selonjoran khas skutik bongsor. Namun pijakannya "agak" terlalu tinggi menurut Kompas.com.

Tes Aprilia SR-GT 200 KOMPAS.com/Dio Tes Aprilia SR-GT 200

Gas diputar dan motor melaju, tarikannya spontan. Tenaga yang tersaji dari bawah sampai atas mengalir lembut. Kencang tapi nyaman.

Baca juga: Kurangi Macet, Jalan Sultan Agung di Bandung Kini Berlaku One Way

Suspensi depan belakang empuk, dan suspensi belakang bisa diatur. Saat meletari jalan berbatu suspensi belakang bekerja maksimal.

Soal handling motor terasa motor dengan dimensi ini panjang 1.920 mm, lebar 795 mm, dan wheelbase 1.300 mm cukup berat. Tapi sebanding dengan kestabilan dan tenaga yang ditawarkan.

Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.
Foto: KOMPAS.com/Adityo Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.

Mesin berkapasitas 174,3cc, 4 langkah, SOHC, 4 katup injeksi berpendingin cairan, dengan transmisi CVT. Nama 200 merupakan pembulatan yang mana jamak dilakukan di dunia otomotif.

Rincian mesinnya memiliki bore x stroke 61,5 x 58,7 mm. Tenaga maksimal mampu menghasilkan 17,4 Tk di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.