Kompas.com - 15/08/2022, 19:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Freon merupakan komponen utama dalam pendinginan sistem AC mobil. Maka dari itu, jumlahnya perlu dipastikan selalu cukup, tidak berlebihan dan tidak kurang.

Jika freon kurang, maka sudah pasti kinerja AC mobil kurang maksimal. Biasanya ditandai AC kurang dingin.

Untuk lebih detailnya, Pemilik Abadi Teknik Spesialis AC Wahyu, mengatakan tanda freon kurang sudah pasti AC kurang dingin, tapi bisa juga dipastikan lagi dengan analisa yang lebih mendalam di bengkel spesialis.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Dari tekananan freon di selang low, itu di angka 30 sampai 40 saat putaran mesin stasioner, jika hasil pengukurannya kurang, maka dipastikan freonnya kurang,” ucap Wahyu kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan freon yang kurang juga bisa dilihat dari aliran freon di sight glass yang ada di drier atau di sambungan selang.

“Jika di sight glass itu bening, maka tekanan freon kurang, tapi jika berbusa putih itu tekanan freon bagus,” ucap Wahyu.

Baca juga: Apa Benar Merokok di Kabin Bisa Merusak AC Mobil?

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Dia juga mengatakan tidak mesti AC kurang dingin dikarenakan freon kurang. Terkadang freon bisa saja cukup tapi ada masalah lain di sistem sehingga AC menjadi kurang dingin. Maka dari itu, setiap ada gejala memang perlu diperiksa terlebih dulu ke bengkel AC yang kompeten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.