Kompas.com - 13/09/2022, 11:02 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Pemilik mobil tua bangka atau motuba memang harus mampu berpikir kreatif agar bisa membuat mobil tetap prima di usianya yang tidak muda.

Salah satu kendala yang sering dialami oleh motuba adalah AC kurang dingin dan onderdil yang dibutuhkan sulit dicari. AKhirnya, tidak sedikit motuba yang bertahan dengan onderdil persamaan.

Jadi, hal yang wajar jika motuba menggunakan komponen mobil-mobil modern, khususnya pada sistem AC. Biasanya, onderdil yang sering diganti dengan persamaan adalah kompresor, kondensor, sensor, evaporator, drier, katup ekspansi, sampai dan selang AC.

Baca juga: Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Evaporator rusak harus digantiAgus Setiawan Evaporator rusak harus diganti

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan onderdil pada sistem AC mobil banyak persamaan, sehingga bagi pemilik motuba tidak perlu risau kesulitan mencari part orisinal.

Motuba ya dunia yang penuh kreatifitas, onderdil orisinal kalau memang ada ya silakan, tapi kalau sulit dicari bisa menggunakan persamaan, misal kompresor, bisa pakai punya Toyota Avanza atau pakai merek Denso,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan onderdil sistem AC pada motuba bisa diganti dengan milik mobil-mobil modern yang banyak ditemukan di pasaran. Hal itu tentu akan mempermudah dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih terjangkau.

Baca juga: Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Kondensor multiflow memiliki pipa lebih banyakErwin Setiawan Kondensor multiflow memiliki pipa lebih banyak

“Kalau mau lebih murah lagi, bisa membeli onderdil copotan yang kondisinya masih bagus, harga onderdil bisa sampai separuhnya, lebih murah,” ucap Muhlison.

Dia juga menjelaskan kualitas onderdil persamaan tidak diragukan lagi, karena kualitasnya orisinal milik mobil lain.

Onderdil persamaan kan jelas orisinalnya, hanya saja milik mobil lain, terus mobil-mobil modern biasanya memiliki onderdil yang lebih canggih, sehingga mampu menghasilkan udara lebih sejuk di dalam kabin,” ucap Muhlison.

Baca juga: Freon Penuh, tapi Kenapa AC Mobil Masih Tidak Dingin?

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

Jadi, onderdil sistem AC itu banyak yang sama antara mobil satu dengan mobil lainnya, bahkan untuk mobil yang jarak usianya cukup jauh. Hal tersebut bisa terjadi lantaran onderdil utama pada sistem AC tidak banyak pembaruan dari waktu ke waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.