Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Kompas.com - 07/09/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Refrigerant atau freon adalah cairan khusus yang digunakan untuk menyejukkan udara dalam sistem AC mobil. Ketika cairan ini habis, maka AC menjadi kurang sejuk karena tidak ada zat pendingin yang membuat udara sejuk.

Sementara itu, banyak video beredar di Youtube bahwa cairan refrigerant pada AC diganti dengan LPG. Dalam video tersebut dikatakan AC menjadi lebih dingin.

Lantas, apakah benar LPG bisa digunakan sebagai pengganti freon pada sistem AC?

Baca juga: Freon Penuh, tapi Kenapa AC Mobil Masih Tidak Dingin?

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan semua cairan bisa diaplikasikan ke sistem AC, sementara ini yang paling mendekati sempurna adalah freon.

“Sebenarnya semua cairan bisa dipakai untuk sistem AC, misal bensin, solar, air, amoniak dan lain-lain, tetapi yang paling mudah, aman, tidak berbau, mendekati ideal untuk berubah dari cair ke gas dan sebaliknya adalah cairan refrigerant atau yang biasa disebut freon,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Rabu (7/9/2022).

Dia mengatakan saat ini freon masih menjadi cairan refrigerant yang diandalkan oleh banyak orang karena memiliki karakter yang paling ideal dan aman untuk sistem AC. Tapi tidak menutup kemungkinan bila suatu saat nanti cairan ini digantikan oleh zat lain.

Baca juga: Tanda-tanda AC Mobil Kekurangan Freon

“Para ahli mungkin sedang memikirkan untuk mengganti freon dengan zat lain, yang katanya freon bisa merusak lapisan ozon dan memperparah pemanasan global,” ucap Ibrohim.

Dia menjelaskan selama zat tersebut mampu menimbulkan dingin ketika sedang proses perubahan zat dari cair ke gas, maka prinsip kerjanya sama dengan freon.

“LPG mungkin memang mampu mendinginkan udara dengan baik, tapi karakternya kan berbau dan beracun, jadi tidak satu pun pabrikan yang menggunakan LPG sebagai cairan pendingin pada sistem AC mobil,” ucap Ibrohim.

Jadi, bisa saja video yang beredar tersebut benar, tapi cara tersebut merupakan hal yang berisiko jadi tidak untuk ditiru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.