Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarikan Mesin Berat, Pilih Remap ECU atau Memaksimalkan Standar?

Kompas.com - 03/09/2022, 10:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Performa kendaraan yang prima adalah dambaan semua pengendara. Kondisi ini biasanya dapat dicapai dengan melakukan perawatan secara rutin, termasuk tune up.

Hanya saja, kadang orang masih kurang puas dengan hasil tune up dan memutuskan untuk mengubah setelan ECU. Sehingga, batas kemampuan yang ditetapkan oleh pabrikan pada suatu mobil dapat dilampaui.

Biar pun remap ECU bisa menimbulkan sensasi berkendara yang lebih kencang, ternyata itu hanya ubahan data saja, tidak sampai pada mengubah tenaga mesin yang sesungguhnya. Jadi, cukup membingungkan ya perlu remap ECU atau cukup memaksimalkan tune up saja.

Baca juga: Siapkan Dana Segini untuk Remap ECU Mobil

Alat yang digunakan untuk me-remap ECUKompas.com/Erwin Setiawan Alat yang digunakan untuk me-remap ECU

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan Datsun Hardi Wibowo mengatakan, bisa saja mesin mengalami tarikan berat meski sudah melakukan tune up.

“Orang mengira tarikan mesin berat bisa diatasi dengan remap ECU, tapi sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan tarikan mesin berat dari sektor mekanikalnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Menurut Hardi, tarikan mesin berat bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, jadi perlu dioptimalkan terlebih dulu performa mesinnya, baru menuju ke remap ECU.

Baca juga: Ketahui Keunggulan Remap ECU pada Mobil

Memantau putaran mesin lewat tachometerKompas.com/Erwin Setiawan Memantau putaran mesin lewat tachometer

“Jika terdapat mekanisme yang mulai bermasalah yang dapat menyebabkan tarikan mesin berat, misal kampas kopling habis, kompresi mesin yang loss akibat ring piston rusak, tekanan bensin yang kurang dari spek, itu akan memperparah kerusakan,” ucap Hardi.

Remap ECU, ucap Hardi, bukan menjadi solusi dari kendala mesin tarikan berat dan sejenisnya. Jadi memang perlu memastikan terlebih dulu mesin sehat atau tidak, jika kondisinya prima maka remap ECU bisa dimainkan.

“Beda, antara remap ECU dengan tune up standar menggunakan setelan pabrik, tune up itu lebih ke arah mengoptimalkan mesin dengan membersihkan karbon sisa pembakaran di ruang bakar serta mengoptimalkan komponen yang ada tanpa mengubah setelan ECU,” ucap Hardi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Remap ECU Bikin Tenaga Mesin Mobil Bertambah?

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. Kompas.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Jadi, tidak perlu remap ECU dulu sebelum mobil benar-benar melakukan pemeriksaan. Jika memang kondisi mobil sudah prima, semua yang standar sudah dioptimalkan, tapi Anda merasa ingin yang lebih, maka remap ECU bisa menjadi solusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.