Mitos atau Fakta, Remap ECU Bikin Tenaga Mesin Mobil Bertambah?

Kompas.com - 02/09/2022, 11:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menambah tenaga pada mesin merupakan capaian yang keren. Maka dari itu tidak heran jika banyak modifikasi mulai menambah kapasitas mesin, memasang turbo tambahan, serta lain sebagainya.

Hanya saja, remap ECU juga kerap disangka bisa menambah tenaga mesin oleh sebagian orang. Tentu cara tersebut lebih sederhana dan biayanya lebih terjangkau daripada harus melakukan perubahan pada spesifikasi mesin.

Lantas, apakah benar remap ECU bisa menambah tenaga mesin?

Baca juga: Ini Plus Minus Dongkrak Tenaga Mobil dengan Remap ECU

Proses remap ECUinstagram.com/elikaautomotive Proses remap ECU

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan Datsun Hardi Wibowo, mengatakan untuk mengetahui apakah ada pertambahan tenaga atau tidak dari proses remap perlu diuji dengan dyno test.

“Dengan pengujian menggunakan dyno test maka tenaga mesin akan dapat diketahui dengan pasti, biasanya remap ECU yang dilakukan tidak akan mengubah tenaga mesin, kalau pun ada perbedaan tidak akan banyak,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Dia mengatakan remap ECU hanya mengubah sensasi berkendara, jadi bukan tidak ada perubahan. Mungkin mobil yang berkapasitas 1,5 liter sensasi berkendaranya seperti mengendarai mobil bermesin 2 liter.

Baca juga: Ketahui Efek Samping Dongkrak Tenaga Mesin dengan Remap ECU

Memantau putaran mesin lewat tachometerKompas.com/Erwin Setiawan Memantau putaran mesin lewat tachometer

“Setelah melakukan remap ECU, pengendara akan merasakan ada perubahan tarikan mesin, rpm menjadi lebih cepat naik, hal itu tentu saja menjadi lebih menyenangkan bagi sebagian orang,” ucap Hardi.

Hardi juga menjelaskan dengan remap ECU maka batasan putaran mesin bisa dibuat lebih panjang.

“Rata-rata putaran mesin maksimal pada mobil itu berkisar antara 8.000 sampai 9.000 rpm, nah dengan remap ECU putaran mesin bisa dibikin 9.000 sampai 10.000 rpm, itu yang diubah batasannya,” ucap Hardi.

Jadi, remap ECU memang bisa mengubah sensasi berkendara, tapi tidak mengubah tenaga atau pun torsi yang dihasilkan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.