Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Dana Segini untuk Remap ECU Mobil

Kompas.com - 02/09/2022, 16:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil tidak hanya pada sektor tampilan saja, tapi pemilik bisa melakukan modifikasi hingga sampai pada mengubah spesifikasi mesin, mulai dari menambah kapasitas mesin, menambah komponen penunjang tenaga dan lain sebagainya.

Remap ECU juga kerap dijadikan alternatif modifikasi dalam hal menaikkan tenaga mesin. Pasalnya, biaya yang dibutuhkan tentu saja jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mengubah spesifikasi mesin.

Remap ECU artinya mengubah perangkat lunaknya saja. Dengan biaya yang kecil, harapannya akselerasi mobil menjadi lebih bertenaga.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Remap ECU Bikin Tenaga Mesin Mobil Bertambah?

Proses remap ECUinstagram.com/elikaautomotive Proses remap ECU

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan Datsun Hardi Wibowo, mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan remap ECU cukup beragam, tergantung dari harga ECU mobil tersebut.

“Iya, harganya mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta, atau lebih tepatnya tergantung dengan harga ECU mobil tersebut, karena melakukan remap ECU itu berisiko, bisa gagal transfer data dan sejenisnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Dia mengatakan risiko gagal dalam proses remap sudah tercover oleh biaya dalam melakukan remap, sehingga bagi pemilik akan merasa lebih aman.

Baca juga: Ketahui Efek Samping Dongkrak Tenaga Mesin dengan Remap ECU

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. Kompas.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Dia juga mengatakan, selama proses yang dilakukan itu tepat, maka hasil yang akan diperoleh tentu saja akan sangat memuaskan jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

“Dengan biaya tersebut, mesin menjadi terasa lebih bertenaga, tarikan enteng, batasan putaran mesin bisa dibuat lebih panjang, dan hal-hal yang tidak bisa dimiliki oleh mobil-mobil setelan pabrik,” ucap Hardi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.