Kompas.com - 26/08/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa sepeda motor lansiran Honda, Yamaha, atapun merek lain sedang mengalami inden panjang hingga berbulan-bulan lamanya, terutama untuk model-model skutik.

Fenomena inden seperti ini sudah terjadi sejak awal tahun karena kelangkaan material bahan baku, salah satunya krisis cip semikonduktor.

Meski begitu, Ketua Bidang Komersial Asosisasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, mengklaim dampak krisis cip semikonduktor sudah berkurang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan motor yang terjadi pada Juli 2022.

Baca juga: United Siap Luncurkan Motor Listrik Murah di Bawah Rp 15 Juta

Keramaian booth Yamaha pada ajang IIMS 2022Dok. YIMM Keramaian booth Yamaha pada ajang IIMS 2022

“(Krisis material) sudah lancar, bulan ini produksi naik lagi ya. (Untuk inden) berangsur-angsur mulai dipenuhi,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (25/8/2022).

Seperti diketahui, penjualan sepeda motor domestik kembali mengalami tren peningkatan pada Juli lalu, setelah harus anjlok pada Mei 2022 yang hanya meraih 248.235 unit.

Dilansir dari data AISI (25/8/2022), penjualan meningkat menjadi 296.334 unit pada Juni lalu, kemudian bertambah lagi menjadi 326.452 unit pada Juli 2022 atau naik 10,16 persen (month-on-month/mom).

Baca juga: Warga Dilarang Bikin Polisi Tidur Sembarangan

Sebelumnya, konsumen Yamaha Fazzio misalnya, harus inden setidaknya 3 bulan sebelum motornya sampai ke rumah. Begitu juga Beat dan Genio, indennya berkisar 1-3 bulan.

"Kalau di luar sedang kosong semua unit, indennya lumayan lama untuk Beat indennya bisa 2-3 bulan. Genio untuk prioritas indennya 1-2 minggu atau paling pahit 1 bulan," ucap salah satu wiraniaga Honda di ICE BSD City (16/8/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.