Bikin Kecelakaan, Polisi Tidur di Danau Sunter Diganti dengan Speed Trap

Kompas.com - 26/08/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral di media sosial beberapa pemotor terjatuh akibat polisi tidur atau speed bump yang membentang di Jalan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Setelah rekamannya viral, polisi tidur tersebut akhirnya dibongkar.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Utara, Kompol Gusti Sunawa mengatakan, dari hasil evaluasi speed bump yang dicat mirip zebra cross tersebut terlalu tinggi sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas.

“Setelah dievaluasi ternyata ketinggiannya agak sedikit tinggi, dan ternyata mengganggu terutama kendaraan bermotor. Sehingga langsung dilakukan pembokaran dan perbaikan-perbaikan,” kata Gusti dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Ada Ancaman Pidana Kalau Bikin Polisi Tidur Sembarangan

Lebih lanjut, Gusti mengatakan akan menambah rambu-rambu untuk mengantisipasi kecelakaan dan juga balap liar di lokasi.

“Kami akan lebih mengupayakan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya dengan meningkatkan rambu-rambu,” katanya.

Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.Warta Kota - Joko Supriyanto Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya mengatakan, polisi tidur tersebut dipasang di lokasi untuk mencegah aksi balap liar yang kerap terjadi di Jalan Danau Sunter Selatan.

Namun, setelah adanya laporan, polisi tidur tersebut langsung segera dibongkar dan akan digantikan dengan speed trap.

“Setelah menerima laporan, tadi pagi Jajaran Dishub Jakarta Utara langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan rekan-rekan kepolisian dan Sudin Bina Marga Jakarta Utara untuk selanjutnya langsung dilakukan pembongkaran speed bump dimaksud,” ucap Syafrin.

Baca juga: Saat Kondisi Ban Mulai Tipis, Apakah Mobil Bisa Spooring?

Syafrin melanjutkan, pihaknya telah menyiapkan alat pembatas kecepatan lain untuk mengantisipasi balap liar di Danau Sunter.

“Untuk antisipasi adanya balap liar yang seringkali dilaksanakan di ruas jalan tersebut, kami telah memasang speed trap sebanyak 9 unit di 2 arah,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.