Pakai Platform Sama, Ini Perbedaan Desain Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6

Kompas.com - 26/08/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Kreta Indo Artha (KIA) turut memamerkan koleksi mobil listriknya. Salah satunya adalah EV6 GT-Line.

Sayangnya mobil listrik KIA ini masih dalam tahap pengenalan ke khalayak ramai. Namun, jika nantinya diluncurkan di pasar Tanah Air, mobil ini akan bersaing dengan Hyundai Ioniq 5 yang sudah lebih dulu menyapa konsumen Indonesia.

Sebagai informasi, kedua mobil listrik itu dirancang dengan platform yang sama, yakni E-GMP (Electronic Global Modular Platform). Meski begitu, terdapat banyak perbedaan antara Hyundai Ioniq 5 dan KIA EV6 GT-Line. Terutama dari desain eksterior.

Jika menilik tampilannya, eksterior kedua mobil ini jelas terlihat sangat berbeda.

Baca juga: Bicara Soal Masa Depan di Honda, Marquez Ingin Motor Pemenang

Tampilan eksterior Hyundai Ioniq 5 terinspirasi dari perjalanan 45 tahun Hyundai dan mengacu pada salah satu mobil pertamanya yakni Hyundai Pony. Tentunya dengan desain yang lebih futuristis.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Pada bagian depan, yang paling menarik adalah sektor penerangannya. Desain lampunya dibuat kotak dan Hyundai menyebutnya dengan Parametric Pixel LED Headlamps.

Pada sisi samping, gagang pintu Ioniq 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci.

Desain dinamis yang menonjol juga ditunjukan lewat konsep Parametric Dynamics yaitu sebuah desain garis yang seakan membuat pintu barus pertama menyatu dengan pintu baris kedua. Untuk kaki-kakinya, Ioniq 5 dibekali dengan pelek berdiameter 19 inci dan 20 inci.

Adapun pada bagian buritan juga mengandalkan Parametric Pixel LED Rear Combination lamps. Selain itu, dihiasi juga dengan spoiler yang aerodinamis.

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Sementara itu, EV6 GT-Line mengusung desain bertema Opposites United. Berbeda dengan Ioniq 5 yang memiliki desain futuristik, desain EV6 GT-Line lebih mengarah ke mobil sport pada umumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.