Mengenal Fungsi Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 25/08/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebagain mobil dengan transmisi otomatis alias matik, dilengkapi dengan tombol overdrive (O/D). 

Tombol tersebut biasanya terletak di bagian gagang tuas transmisi. Tujuannya agar mudah ketika akan menggunakannya. 

Meski demikian, tak banyak pemilik yang mengentahui secara detail apa fungsinyaPadahal sangat berguna ketika mobil membutuhkan gigi lebih rendah, baik untuk menyalip kendaraan lain atau melewati jalan menanjak.

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, overdrive (O/D) dirancang memberikan batas percepatan perpindahan gigi, sehingga hasilnya akan berdampak pada torsi mobil yang lebih besar.

Baca juga: Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Mobil Matik

Tombol overdrive biasanya ditandai dengan logo ‘O/D’, yang ketika ditekan justru bakal non-aktif. Jadi dalam keadaan normal, overdrive sebetulnya telah aktif.

Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander- Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander

“Dengan membatasi sistem percepatan perpindahan gigi, maka transmisi tidak bekerja dengan seluruh perbandingan gigi yang tersedia. Misal pada mobil 4-percepatan, transmisi bekerja hingga gigi ketiga saja," ucap Bambang, dihubungi Kompas.com, Rabu (24/8/2022). 

Menurut Bambang, ketika overdrive dalam keadaan off, maka putaran transmisi maksimal akan sama dengan putaran mesin.

Karena posisi gigi transmisi matik yang dibatasi pada gigi 3. Sehingga putaran mesin akan lebih tinggi. 

Baca juga: Bikin Motuba Lebih Hemat BBM

Sementara bila overdrive dibiarkan dalam kondisi on, alias tidak ditekan, maka putaran transmisi akan lebih besar dari putaran mesin. 

"Hanya saja ketika posisi overdrive off, BBM jadi lebih boros. Sebab dengan transmisi otomatis yang menahan transmisi di gigi maksimal 3, maka putaran mesin akan meraung lebih tinggi," katanya. 

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Nilai plusnya, torsi mobil maksimum bisa di raih dengan lebih mudah. Namun begitu, sebaiknya overdrive hanya digunakan saat membutuhkan tenaga atau putaran besar untuk mendorong mobil saat berada di tanjakan atau saat menyalip.

Sementara ketika melaju normal, contohnya di jalan tol, baiknya dinon-aktifkan agar mendapat konsumsi BBM lebih baik, hingga kecepatan yang lebih tinggi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.