Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Mobil Matik

Kompas.com - 23/08/2022, 08:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mayoritas pembeli mobil saat ini lebih memilih transmisi otomatis alias matik. Hal tersebut tak lepas dari sisi kemudahan yang ditawarkan saat berkendara.

Namun bagi pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil matik, atau yang sebelumnya biasa membawa mobil manual, perlu melakukan adaptasi lebih dulu.

Pasalnya, pada tuas transmisi mobil matik, terdapat kode berupa huruf dan angka, yang masing-masing memiliki arti serta fungsi berbeda.

Bahkan, kode pada tuas transmisi matik juga bisa berbeda antara satu pabrikan mobil dengan pabrikan lainnya. 

Baca juga: Soal Kabar Bakal Naiknya Harga Pertalite, Ini Kata Pertamina

Tuas transmisi matik All New Subaru BRZ di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Tuas transmisi matik All New Subaru BRZ di GIIAS 2022

Karena itu, penting bagi pengguna mobil matik memahami dulu arti dan fungsi dari deretan kode yang tersaji. Khususnya bagi pengendara baru.

Bambang Sri Haryanto, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang mengatakan, tiap tipe mobil mempunyai perbedaan model tuas transmisi gate dan straight, tapi dari sisi pengoperasian sebenarnya sama saja.

"Umumnya kombinasi huruf dan angka pada transmisi matik seperti P-R-N-D-2-L, ada juga lagi P-R-D-D3-2-L, lalu ada yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," kata Bambang, kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022). 

Baca juga: Kenapa Mobil LCGC Direkomendasikan Pakai BBM RON 92?

Beda halnya model transmisi manual, angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil matik ini tidak mengacu pada gigi percepatan. Tapi lebih ke masalah fungsinya masing-masing.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

 

Berikut arti dari kode angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil otomatis:

P (Parking)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.