Kompas.com - 24/08/2022, 15:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Setiap audio pada mobil, sebenarnya sudah dibekali subwoofer oleh pabrikan. Hanya saja banyak yang melakukan modifikasi demi suara musik lebih berkualitas tinggi.

Fungsi utamanya sendiri, subwoofer akan menangkap dan menghasilkan nada rendah. Sehingga hasil suaranya akan jauh lebih halus. Biasanya, penambahan komponen ini agar suara bassnya lebih menggelegar.

Hanya saja, penambahan subwoofer tidak bisa asal pasang, melainkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

Baca juga: Pilihan Speaker Baru Focal Slatefiber dan Auditor Series

Focal SlatefiberKOMPAS.com/STANLY RAVEL Focal Slatefiber

Pemilik Mangunworks Car Audio Installer Ari Nugroho, mengatakan hampir setiap penambahan subwoofer harus dipasang power amplifier, jika tidak maka suara yang dihasilkan akan kurang maksimal.

“Power amplifier kan untuk memberikan daya yang besar sehingga speaker dan subwoofer bisa mengeluarkan suara secara maksimal, jika tidak ya suara yang dihasilkan kurang, jadi speaker yang sudah bagus tidak bisa menjalankan tugasnya dengan bagus,” ucap Ari kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Dia juga mengatakan pemasangan subwoofer juga perlu diperhatikan mulai dari letaknya serta instalasinya.

Baca juga: Pilihan Speaker Baru, Bikin Suara Audio Mobil Lebih Jernih

Speaker baru PioneerPioneer Speaker baru Pioneer

“Pemasangannya juga harus tepat, tidak boleh asal, karena itu bisa menentukan suara yang dihasilkan oleh speaker atau subwoofer,” ucap Ari.

Seperti yang diketahui subwoofer memang menghasilkan nada rendah yang akan maksimal jika berada di ruangan yang kedap. Biasanya diletakkan di bawah bangku atau di bagasi, sehingga getaran suaranya bisa merambat ke seluruh kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.