Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Motor Listrik Alva One dan Gesits G1

Kompas.com - 24/08/2022, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Alva One resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Alva One menyasar pasar skutik listrik menengah dan bergaya bongsor.

Saat ini tak banyak skutik yang bermain di segmen yang dimasuki Alva One. Namun karena Alva merek lokal, tak ada salahnya membandingkan dengan Gesits G1 yang juga merupakan motor listrik dari Indonesia.

Baca juga: Wiper Bermasalah, Hyundai Recall Lebih dari 122.000 Unit Palisade

Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Desain

Desain Alva One sporty dengan lampu depan besar yang cukup segar karena bisa dibilang baru di kelasnya. Dek tengahnya berundak ala Yamaha E01 atau Honda PCX Electric ciri khas skuter besar.

Adapun Gesits G1 bisa dibilang lebih konservatif. Sampai 2022, motor yang sudah digembar-gemborkan sejak 2018 itu belum mendapat penyegaran. Saat diperkenalkan tampilannya mengingatkan dengan Honda Vario.

Fitur

Alva One juga dibekali lampu depan dan belakang LED, rem depan dan belakang cakram, panel instrumen digital, air intake di sisi samping. Motor juga dibekali aplikasi yang menghubungkan ponsel dengan berbagai fitur canggih.

Baca juga: SPK Hyundai Stargazer Tembus 1.585 Unit di GIIAS 2022

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Fitur pada aplikasi Alva One diantaranya Remote On/Off, Bike Sharing Access, Charging Station Locator, GPS Locator & Tracker serta Alva Roadside Assistance.

Alva One punya tiga mode berkendara dan mode Reverse untuk mundur.

Adapun Gesits G1 dibekali lampu LED. Pada bagian tengah, terdapat layar Multi Information Display (MID) yang ukurannya cukup besar.

Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap, mulai dari speedometer, indikator baterai, suhu motor listrik, mode berkendara, waktu, koneksi bluetooth, dan peta atau navigasi.

Layar MID ini bisa terkoneksi dengan smartphone menggunakan koneksi Bluetooth. Aplikasi ini mampu merekam semua aktivitas Gesits dan juga masalah-masalah yang terjadi.

Baca juga: Upaya Jakarta Memopulerkan Kendaraan Listrik

Gesits G1KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Gesits G1

Semua tercatat di aplikasi tersebut. Selain itu, bisa juga mengaktifkan navigasi dan peta akan ditampilkan di layar MID.

Penggerak

Alva One menggunakan hub drive motor. Posisi dinamo terletak di roda belakang. Di atas kertas, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 Tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com