Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Berlaku di Banten

Kompas.com - 24/08/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Program pemutihan pajak kendaraan bermotor masih berlaku di sejumlah wilayah, termasuk Provinsi Banten. Program ini berlangsung sejak 18 Agustus 2022 hingga 31 Desember 2022.

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menjelaskan bahwa adanya penghapusan denda pajak ini dapat mendorong percepatan dalam meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) nantinya.

"Pendapatan pajak kendaraan bermotor, dari data dapat kita perhitungkan. Itu menjadi estimasi kita dalam menetapkan PAD di dalam perencanaan APBD," ucap dia, dikutip dari laman Bapenda Banten, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Masih Ada Program Relaksasi Pajak Kendaraan Bermotor di Riau

Sebagai informasi, program pemutihan pajak ini bisa dinikmati di 12 kantor Samsat di area Banten, atau melalui aplikasi pembayaran tunai maupun non-tunai di minimarket terdekat.

Kebijakan ini diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Banten Nomor 24 tahun 2022 tentang Pengurangan Pokok dan/atau Penghapusan Sanksi Administratif Berupa Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Penyerahan Kedua dan Seterusnya, dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Tak bayar pajak kendaraan, siap-siap data registrasi mobil-motor dihapusKOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Tak bayar pajak kendaraan, siap-siap data registrasi mobil-motor dihapus

Baca juga: Usulan Penghapusan Pajak Progresif dan Bea Balik Nama Kendaraan Bekas

Mengacu pada Pergub tersebut, pengurangan pokok PKB bagi wajib pajak yang melakukan pendaftaran  kendaraan bermotor atas kepemilikan kedua dan seterusnya dari luar Provinsi Banten diberikan sebesar 20 persen.

Sedangkan penghapusan sanksi administrasi berupa denda PKB tidak berlaku untuk kendaraan mutasi keluar Banten.

Rincian program yang berlaku, di antaranya adalah penghapusan denda PKB, bebas pokok dan denda BBNKB ke II, serta pengurangan pokok PKB 20 persen untuk kendaraan mutasi masuk dari luar provinsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.