Agar Skutik Lebih Irit BBM, Perhatikan 4 Hal Ini

Kompas.com - 18/08/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Populasi sepeda motor matik alias skutik di Tanah Air, cukup tinggi dibanding model lainnya.

Meski menawarkan kemudahan, namun satu hal yang tak boleh diabaikan adalah urusan perawatan. Tak hanya agar lebih awet, perawatan yang baik juga menjaga performa mesin hingga konsumsi bahan bakar minyak (BBM). 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim menjelaskan, skutik bisa lebih irit tergantung dari cara berkendara dan perawatan yang wajib berpatokan pada petunjuk servis berkala. 

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Tambahan Aditif BBM pada Mobil?

Lantaran itu, pemilik skutik baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk menjaga keiritan bahan bakar, yakni :

  • Teknik Bukaan Gas

Wartawan saat melakukan test ride All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Wartawan saat melakukan test ride All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.

Nurhadi mengatakan, teknik bukaan gas yang baik akan membua bahan bakar yang tersalurkan sempurna sesuai dengan kebutuhan ruang bakar. 

Beda halnya dengan berkendara motor yang asal geber, selain konsumsi BBM jadi boros, bagian skutik lainnya juga umur pakainya lebih pendek. 

"Gaya berkendara yang benar buka tuas throttle (gas) secara perlahan, atau bahasa teknisnya diurut. Laju motor yang konstan dari start hasilnya konsumsi BBM lebih irit," ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

  • BBM

Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium  dan RON 90 Pertalite sebagai upaya  mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium dan RON 90 Pertalite sebagai upaya mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

Penggunaan oktan BBM yang sesuai standar pabrikan juga dianjurkan untuk menjaga agar sistem pengapian mesin tetap stabil. Pasalnya, bensin oktan rendah tak bisa terbakar sempurna di dalam ruang bakar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.