Kompas.com - 18/08/2022, 15:31 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - S-Presso resmi menjadi mobil murah Suzuki yang telah diluncurkan pada hari pertama pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Mobil ini menjadi pilihan baru di segmen city car Tanah Air yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan harga Rp 155 juta hingga Rp 164 juta.

Banderol tersebut setara dengan kisaran mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC). Bahkan dibanding para rival di segmennya, Suzuki S-Presso jadi pilihan paling murah.

Nah, bila sebelumnya membahas soal tampilan luar dan dalam, termasuk urusan fitur yang tersedia, giliran mengulik sedikit sensasi berkendara di arena test drive terbatas yang ada di GIIAS 2022.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro, Siap Jadi Pilihan Baru SUV Keluarga di Indonesia

Setelah mendapatkan kunci, redaksi langsung menuju unit Suzuki S-Presso dengan transmisi auto gear shift (AGS). Perdana mendengarkan suara mesin dari dalam kabin, masih cukup halus.

Suzuki S-Presso dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). S-Presso dibanderol Rp 155 juta untuk transmisi manual dan Rp 164 juta untuk AGS.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suzuki S-Presso dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). S-Presso dibanderol Rp 155 juta untuk transmisi manual dan Rp 164 juta untuk AGS.

Namun jangan berharap sudah dilengkapi tombol start-stop engine, karena ritual menyalakan mobil masih dilakukan secara manual alias menggunakan anak kunci.

Begitu juga ketika akan mencari posisi terbaik untuk visibiliatas kaca spion, baik kanan dan kiri, yang dilakukan melalui tuas kecil.

Handling

Lepas rem tangan dan geser tuas transmisi ke posisi D, butuh sedikit injakan gas untuk membantu S-Presso keluar dari tenda arena test drive. Sesaat kemudian, laju mobil sudah bisa dikontrol dengan baik.

Hal pertama yang redaksi rasakan langsung ke masalah handling. Dengan panjang 3.565 mm, lebar 1.520, tinggi 1.565 mm, dan memiliki radius putar sebesar 4.5 meter, S-Presso cukup menarik diajak bermanuver u-turn, apalagi sudah ditunjang dengan keberadaan power steering.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.