Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 19:21 WIB
Nugraha Perdana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Wuling Motors memperkenalkan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) Wuling Air ev di Malang Town Square (Matos), Kota Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, mobil yang ramah lingkungan itu telah sukses mencuri perhatian di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Bahkan, mobil tersebut diklaim secara nasional sudah terpesan hingga 1.200 unit.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Wuling Perdana Jawa Timur, Yudi Irawan Wijaya. Dia mengatakan daerah Malang Raya menjadi potensi pemasaran yang cocok untuk produk mobil listrik.

Menurutnya wilayah Malang sebagai salah satu daerah pendidikan di Jawa Timur memiliki karakter masyarakat yang berpendidikan dan melek terhadap teknologi. Bahkan, saat ini saja sudah ada 30 unit mobil yang terpesan untuk daerah Malang.

Baca juga: Impresi Perdana Nyetir Mobil Listrik Wuling Air ev

"Sehingga menurut saya mobil listrik seperti ini akan mudah diterima oleh masyarakat di Malang seperti untuk orang bekerja lebih efisien," kata Yudi saat diwawancarai pada Selasa (16/8/2022).

Selain itu, mobil tersebut murah energi sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ingin menghindari kenaikan harga BBM. Dia menyampaikan pengisian baterai listrik kendaraan Wuling Air ev hanya membutuhkan biaya Rp 15.200 untuk bisa berjalan dengan jarak 100 kilometer.

Deretan mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Donny Deretan mobil listrik Wuling Air ev

"Kalau disubtitusi ke BBM hanya bisa membeli satu liter saja, selain itu minim biaya perawatan karena tidak ada ganti oli, tidak ada filter, tidak ganti busi, paling ganti kampas rem dan ganti ban saja," katanya.

Disinggung soal topografi daerah Kota Malang, menurutnya mobil tersebut tetap lincah untuk berjalan.

Baca juga: Wuling Air ev Bisa Jadi Mobil Harian Mama-mama Muda

"Mobil listrik ini dimensinya kecil sehingga untuk manuver berakselerasi dalam kota sangat lincah, mobil ini kalau tanjakan tidak ada masalah karena ini matic," katanya.

Soal pengisian energi listrik, dikatakannya hal itu bisa dilakukan di rumah. Selain itu, menurutnya saat ini di area publik dan fasilitas publik sudah terdapat stasiun pengisian daya listrik untuk mobil.

"Di kantor-kantor PLN, di tempat-tempat peristirahatan, kemudian juga hotel dan shopping mall, termasuk disini (Matos) ada charging station," katanya.

Perlu diketahui, mobil Wuling Air ev terdapat dua jenis. Yakni, Wuling Air ev Standar Range dengan harga Rp 245 juta dan Wuling Air ev Long Range dengan harga Rp 302 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com