Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Wuling Air ev resmi jadi salah satu kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) termurah di pasar dalam negeri saat ini, yang dibanderol mulai Rp 238 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Dengan kemampuan jarak tempuh hingga 300 kilometer dalam sekali pengisian dan berdimensi kompak, kendaraan yang sudah berstatus completely knocked down (CKD) ini menyasar konsumen perkotaan.

Hanya saja diakui bahwa perseroan belum memetakan secara spesifik karakter para pembelinya. Meski mobil terkait diklaim sudah terpesan hingga 1.500 unit saat debutnya di pameran GIIAS 2022.

Baca juga: Biaya Servis Wuling Air ev Hingga 100.000 Km, Hanya Rp 4,1 Juta

Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20Kompas.com/Donny Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20

"Sebenarnya kita coba tanya kepada konsumen sekarang. Tetapi memang kita belum dapat data pastinya. Namun pada dasarnya, konspe mobil listrik ini jadi solusi untuk mobilitas di perkotan," kata Director Wuling Motors Dian Asmahani di ICE BSD City, Tangerang, belum lama ini.

"Jadi profil pembelinya saat ini sangat beragam, ada yang ibu rumah tangga, profesional yakni dijadikan komuter dari rumah ke kantor, sampai anak muda (kuliah)," lanjut dia.

Target konsumen Wuling Air ev memang salah satunya adalah ibu rumah tangga yang aktif dalam kegiatan sehari-hari, seperti belanja atau mengantar anak ke sekolah.

Baca juga: All New Kia Carens Meluncur di GIIAS 2022, Termurah Rp 389 Juta

Sementara untuk konsumen borongan alias fleet market, hingga saat ini belum bisa disebutkan karena masih dalam proses pendekatan atau negosiasi.

Tapi terlepas dari itu semua, kata Dian lagi, sejak dikenalkan pertama kali pada Juli 2022, peminat dari Air ev sangat besar. Terlihat dari data perseroan yang mencatat adanya 1.500 pemesan.

"Jadi kita optimis kendaraan ini bisa diserap oleh masyarakat," ucap Dian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com