Kompas.com - 12/08/2022, 14:41 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan dua produk baru dari line-up Gazoo Racing (GR) dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yakni All New Toyota GR 86 dan Hilux GR Sport 2022.

Dari kedua produk ini, baru model GR 86 saja yang sudah dapat digarasikan. Sebab Hilux GR Sport 2022 masih dalam tahap uji tipe supaya bisa digunakan secara bebas di berbagai ruas jalan.

"Kalau yang GR 86, sudah bisa dipesan sekarang dengan harga Rp 938,5 juta. Ini transmisi otomatis (yang hadir di GIIAS 2022), yang manual akan keluar di tahun depan," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Motor Listrik Alva Klaim Bukan Rebranding Merek Lain

Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Dio Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.

Lantas apa saja yang didapatkan konsumen dengan banderolan hampir Rp 1 miliar tersebut? Menurut Anton, salah satu yang menjadi daya tarik pada mobil ini ialah rasa berkendara yang nyaman dan menyenangkan, alias fun to drive.

Pasalnya, GR 86 menghadirkan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif dan sporty. Kemudian, pada bagian dapur pacu juga mengalami pengembangan dengan tipe boxer engine berkapasitas 2.400L hasil kolaborasi bersama Subaru.

Penggunaan mesin tersebut, selain untuk menambah daya yang dihasilkan di mobil juga agar mempertahankan center of gravity yang rendah. Sehingga dengan rasio konpersi yang sama yakni 12,5:1 tenaganya jadi besar.

"Output maksimum mobil meningkat 14 persen dari sebelumnya menjadi 207 PS dan torsinya naik 18 persen dari 212 Nm pada 3.700 rpm jadi 250 Nm di 3.700 Nm. Jadi lebih powerfull," ucap Anton.

Baca juga: Menanti Kemunculan Kijang Innova Hybrid Akhir Tahun Ini

Toyota GR 86 di 2022KOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota GR 86 di 2022

Adapun beberapa sentuhan khas yang mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 sebagai classic sport car, tetap dipertahankan seperti pada lekukan serta bonnet mobil yang tampak mancung.

"Bagi pelanggan yang ingin tampil beda, special untuk GR 86 kami juga telah menyiapkan Official GR Aeroparts dan TCO GR part yang didesain untuk menguatkan karakter sporty di mobil ini," lanjut Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.