Benarkah Seal Saluran Masuk yang Bocor Bikin Mobil Boros BBM?

Kompas.com - 12/08/2022, 13:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) membuat pemilik mobil perlu memperhatikan tingkat konsumsinya dengan lebih ketat.

Ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Salah satu anggapan yang beredar soal bocornya seal pada saluran masuk bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Seal merupakan karet perapat yang ada di antara sambungan saluran masuk. Ketika kondisinya sudah keras atau mulai getas, maka udara luar bisa masuk ke dalam ruang bakar.

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Dorong Konsumen Cari Mobil Irit

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

Masuknya udara lewat jalan yang tidak wajar ini dianggap bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan bahwa udara yang masuk tidak melewati sensor udara akan membuat kinerja mesin terganggu, hal itu bisa saja membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

“Sensor udara atau mass air flow sensor terpasang dalam saluran udara setelah saringan, sensor tersebut akan membaca banyaknya udara yang masuk ke ruang bakar, jadi ketika ada udara masuk tidak melewati sensor akan membuat kinerja mesin terganggu,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Peredam Kejut Lemah Bisa Bikin Boros BBM?

Dia mengatakan setiap terjadi campuran bahan bakar dan udara yang tidak ideal akan membuat mesin bermasalah, terutama berkurangnya tenaga hingga mesin mengalami brebet atau bergetar tidak wajar.

Mesin Suzuki S-PressoKompas.com/Donny Mesin Suzuki S-Presso

“Untuk mobil-mobil modern yang sudah menggunakan ECU, jika terjadi campuran bahan bakar dan udara tidak ideal maka sistem akan mengoreksi, sehingga beberapa saat bahan bakar akan ditambah dan dikurangi secara tidak stabil,” ucap Ibrohim.

Lebih lanjut Ibrohim mengatakan, hal itu bisa membuat mesin menyala tidak stabil dan jika dipaksakan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.