Kompas.com - 12/08/2022, 11:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Motor listrik baru yaitu Alva One resmi memasuki pasar roda dua Indonesia, dengan melakukan peluncuran di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Booth Alva cukup mencuri perhatian di GIIAS 2022. Alasannya selain memiliki desain modern paduan warna hijau dan hitam. Lokasi booth Alva juga cukup mencolok, menjadi satu-satunya sepeda motor listrik yang berdampingan dengan merek-merek mobil lain di Hall 3, bersebelahan dengan Mitsubishi.

Alva merupakan merek baru bentukan Ilectra Motor Group (IMG), yang berada di bawah payung perusahaan Indika Energy.

Meski masih anak baru di pasar sepeda motor nasional, terutama motor listrik, Alva optimistis masuk ke motor nol emisi melihat market di Indonesia yang cukup besar.

Baca juga: Hilux GR Sport Muncul di GIIAS 2022, Berapa Harganya?

Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Alva One

Arsjad Rasjid Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk, menyakinkan bahwa Alva merupakan merek asli Indonesia, dan motor Alva One yang meluncur bukan rebrand dari merek lain alias hanya ganti logo.

"Indonesia. Pengembangan di Indonesia. Nanti bisa oleh dewan direksi ya buat menjelaskan, biar lebih enak. Tapi ini kita bangun (di) Indonesia. Ini Indonesia," kata Arsjad saat peluncuran Alva One di Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Arsjad mengatakan ke depan lini riset dan pengembangan juga akan dilakukan di Tanah Air. Menurut dia wajar jika awalnya mengadopsi teknologi lain, tapi ke depan bisa dikembangkan sendiri.

"Kita melihatnya begini, teknologi bisa kita beli daripada kita buat teknologi baru, ambil dulu baru kembangkan. Pengembangan ini kita di Indonesia," katanya.

Baca juga: Promo Pembelian Ban Mobil di Pameran GIIAS 2022

Motor listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022

"Dari beberapa negara (teknologi). Ini nanti kita kembangkan r&D-nya. Seperti ini terutama China, Korea, Jepang semua juga tadinya teknologinya dia ambil terus dikembankan," kata Arsjad.

Menilik spesifikasi Alva One menyasar segmen skutik listrik bongsor. Motor diklaim punya performa andal yang dibekali dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport.

Setiap mode dapat memberikan performa yang efektif sesuai dengan tingkat kecepatan yang diinginkan. Dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 kpj, 70 kpj, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 kpj.

Motor listriknya kabarnya memiliki torsi mencapai 46,5 Nm dan bisa mencapai jarak tempuh sejauh 70 km. Harganya Rp 34.990.000 on the road (OTR) Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.