Mitsubishi Belum Minat Jual Minicab MiEV di Indonesia

Kompas.com - 31/07/2022, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), melakukan kolaborasi dengan mitra perusahaan terkemuka untuk melakukan pilot study uji kelayakan dari kei-car class electronic commercial vehicle di Indonesia dengan model Mitsubishi Minicab-MiEV.

Mitra perusahaan terkemuka tersebut adalah PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek dan DHL Supply Chain Indonesia.

Langkah ini tentu dilakukan sebagai proses menuju kontribusi kendaraan tanpa emisi dengan memanfaatkan battery electric vehicle.

Baca juga: PEVS 2022 Perkenalkan Fungsi 3D Printing di Dunia Otomotif

Meski sudah diperkenalkan di Tanah Air, pihak Mitsubishi mengaku belum ada rencana untuk menjual mobil listrik ini secara massal di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Intan Vidiasari, Deputy General Manager Marketing Communication & PR Divission MMKSI.

“Belum ada rencana (di jual di Indonesia), masih dalam studi. Hasil studi dengan 4 perusahaan ini yang akan menentukan nanti,” ucap Intan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/7/2022).

Mitsubishi jalin pilot project Minicab MiEV ke empat perusahaandok.MMKSI Mitsubishi jalin pilot project Minicab MiEV ke empat perusahaan

Sebelumnya, President Director MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, proyek percontohan alias pilot study tersebut merupakan langkah pertama dari perseroan untuk masuk era elektrifikasi. Ini bersifat terbatas sebelum pada akhirnya nanti ditawarkan secara luas ke pasar nasional.

Sayangnya, Naoya juga engga mengungkapkan mengenai durasi studi yang hendak dilakukan. Hanya saja dapat dipastikan bahwa langkah terkait akan menjadi salah satu upaya perseroan dalam mendukung target pemerintah atas program percepatan kendaraan bermotor listrik di Indonesia.

Baca juga: Gagal di Yamaha, Dovi Tak Menyesal Tolak Aprilia

Bicara soal Minicab MiEV, mobil Light Commercial Vehicle (LCV) ini telah dijual di Jepang sejak 2011. Di sana, mobil ini digunakan sebagai kendaraan logistik di dalam kota dengan jarak tempuh hanya sekitar 100 km.

Mobil ini memiliki fitur daya listrik 1500W DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V, yang cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan.

Motor listrik mobil ini memberikan daya yang besar, nom emisi serta senyap sehingga sangat mungkin digunakan di perkotaan yang padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.