Komponen Mulai Lancar, Honda Kebut Pengiriman All New HR-V ke Konsumen

Kompas.com - 16/07/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat angka penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) tertinggi untuk HR-V sebanyak 1.892 unit, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Selain karena tingginya permintaan konsumen, pencapaian tersebut juga disebabkan meningkatnya pasokan unit ke diler yang sebelumnya terkendala imbas kelangkaan komponen, yakni semikonduktor untuk kebutuhan produksi.

Dengan demikian, meski sempat terkendala, tapi pada Juli 2022 Honda memastikan mulai meningkatkan pasokan All New HR-V ke diler secara bertahap. Dari sebelumnya 1.500 unit menjadi 2.500 unit per bulan.

Baca juga: Bahas Perbandingan Dimensi Stargazer, Avanza, dan Xpander

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, pasokan komponen untuk produksi mulai naik pada semester kedua 2022, yang membuat pihaknya dapat mengirimkan generasi baru HR-V lebih banyak ke konsumen.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

"Ke depannya, kami akan terus memonitor ketersediaan komponen dan berusaha menjaga kondisi pasokan unit agar dapat semakin cepat memenuhi permintaan konsumen untuk model-model Honda," ujar Billy, dalam keterangan resminya, Sabtu (16/7/2022).

Sejak meluncur pada Maret 2022 sampai saat ini, All New Honda HR-V telah terjual sebanyak 7.887 unit. Untuk waktu tunggu atau inden, berkisar antara dua sampai tiga bulan tergantung dari tipe, warna, dan lokasi diler.

Tak hanya HR-V, beberapa produk CBU Honda lain yang terkendala kelangkaan komponen, khususnya All New Honda Civic RS juga mulai kembali meningkat pada Juli ini.

Pada Semester I/2022, Honda mencatat penjualan wholesale sebesar 62.586 unit, lebih besar 15,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Penjualan Naik, Brio Satya Masih Jadi Tulang Punggung Honda

Pasokan All New Honda HR-VHPM Pasokan All New Honda HR-V

Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda di paruh pertama 2022 disumbang Honda Brio dengan total 27.738 unit, yang sekaligus menjadi model dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada Semestar I/2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.