Alasan Kenapa Parkir Mobil Mundur Lebih Aman

Kompas.com - 16/07/2022, 11:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memarkirkan mobil, ada pengemudi yang memilih untuk menempatkan bagian depan mobilnya tidak menghadap jalan karena dianggap lebih mudah.

Dengan cara ini, pengemudi tinggal memajukan mobil ke area parkir yang tersedia. Padahal, parkir dengan kepala mobil menghadap badan jalan terbilang lebih aman.

Ada beberapa hal yang menyangkut keselamatan pengemudi, sehingga parkir mundur dikatakan lebih aman. Seperti yang biasa kita lihat di tempat parkir umum, kepala mobil biasanya menghadap ke luar atau ke arah jalan.

Baca juga: Sudah Tahu Manfaat Angkat Wiper Saat Parkir di Tempat Terbuka?

"Mobil yang parkir mundur, memiliki sudat pandang yang luas karena menghadap keluar. Jadi, ketika keluar akan lebih mudah mengamati lalu lintas di sekitarnya," ucap Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Meski lebih sulit dibandingkan parkir dengan kepala mobil tidak menghadap badan jalan, cara ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh pengemudi mobil.

Jika tidak parkir mundur, ini akan menyulitkan pengemudi saat mobil harus keluar. Proses evakuasi jika ada kondisi darurat juga akan lebih sulit, mengingat blind spot yang lebih besar.

Ilustrasi parkir dibantu dengan sejumlah fitur dari mobil.headlightmag.com Ilustrasi parkir dibantu dengan sejumlah fitur dari mobil.

Baca juga: Intip Modal Hyundai Stargazer Bersaing di Pasar MPV Murah

Kemudian Sony mengatakan, saat parkir mundur, umumnya ada beton pembatas yang bersentuhan dengan ban untuk mengetahui jarak bagian belakang mobil dengan objek di belakangnya saat parkir.

Kalau posisi mobil berada dalam posisi sebaliknya, pembatas tersebut bisa jadi tidak berguna. Karena, bagian depan mobil yang lebih panjang dapat tetap melewati pembatas dan berpotensi menabrak objek yang ada di depannya.

"Di beberapa mobil, posisi sudut bemper depan itu lebih rendah dibandingkan bemper belakang. Sehingga kalau parkirnya maju kemungkinan bisa nabrak ke bemper depan mobil kita," ucap Sony.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat parkir, pengemudi harus memperhatikan spion, meminta bantuan aba-aba dari petugas serta turun dari mobil untuk melihat langsung situasi area parkir dan jarak dengan kendaraan lain.

"Buka kaca kendaraan, dan minta bantuan petugas parkir untuk memberi aba-aba sampai mobil benar-benar lurus," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.