Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Perbandingan Dimensi Stargazer, Avanza, dan Xpander

Kompas.com - 16/07/2022, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa seremoni khusus, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Stargazer. Multi purpose vehicle (MPV) ini akan berhadapan langsung dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Ada banyak faktor yang menentukan seseorang dalam melakukan pembelian mobil. Salah satunya adalah dimensi mobil. Jika terlalu besar, tentu akan memakan lebih banyak tempat.

Baca juga: Intip Modal Hyundai Stargazer Bersaing di Pasar MPV Murah

Selain itu, dimensi mobil menjadi pertimbangan karena jalan yang biasa dilalui apakah sempit atau lebar. Dimensi mobil juga biasanya akan mempengaruhi bagian kabin.

Interior Hyundai StargazerHMID Interior Hyundai Stargazer

Untuk Hyundai Stargazer, mobil ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya, mencapai 2.780 mm. Sayangnya, tidak disebutkan berapa jarak terendah ke tanahnya.

Sementara pada Avanza, panjangnya 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tingginya 1.700 mm. Jarak sumbu rodanya 2.750 mm. Untuk Xpander, panjangnya 4.595 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm, dengan sumbu roda 2.775 mm.

Baca juga: Tantang Avanza-Xenia, Harga Resmi Hyundai Stargazer Mulai Rp 243 Juta

Interior Toyota AvanzaDok. TAM Interior Toyota Avanza

Baca juga: Tantang Avanza-Xenia, Harga Resmi Hyundai Stargazer Mulai Rp 243 Juta

Jadi, Stargazer tidak lebih panjang dari Xpander. Sedangkan lebarnya, mengalahkan Avanza dan Xpander. Selain itu, mobil ini juga paling rendah dibandingkan kedua kompetitornya tersebut.

Interior Mitsubishi XpanderDok. MMKSI Interior Mitsubishi Xpander

Pada bagian kabin, ketiga mobil ini dapat memuat tujuh penumpang. Tapi, Stargazer juga menawarkan opsi enam penumpang dengan jok pada baris kedua menggunakan model captain seat.

Perbandingan ini diambil tipe tertinggi dari masing-masing model. Stargazer lebih unggul, karena joknya sudah dilapisi dengan kulit. Sementara pada Avanza dan Xpander, masih mengandalkan material kain alias fabric.

Baca juga: Hyundai Palisade Baru Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 900 Jutaan

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Secara keseluruhan, Stargazer tidak jauh berbeda dengan Avanza dan Xpander dari segi dimensi. Begitu pula dengan bagian kabinnya. Tapi, Stargazer sedikit unggul dengan menawarkan opsi konfigurasi bangku enam penumpang dan jok yang dilapisi kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com