Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Trijaya Union, Karoseri Legenda Berstandar Merek Jepang

Kompas.com - 09/07/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Trijaya Union merupakan salah satu karoseri kawakan Indonesia, berlokasi di Tangerang, Banten. Memang namanya tidak banyak terdengar, tetapi sebenarnya karoseri ini merupakan salah satu legenda di Indonesia.

Dhimas Yuniarso, Direktur Utama Karoseri Trijaya Union menjelaskan, karoseri mulai beroperasi sejak November 1978. Kala itu, Trijaya Union merupakan produsen bus besar dengan merek Mitsubishi.

"Karoseri ini dari dulu dedicated untuk membuat bus. Jadi sejarah busnya Mitsubishi di Indonesia, itu dari awal bikinnya di sini," ucap Dhimas kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Tiket Bus Online

Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Karoseri Trijaya Union

Berbeda dengan zaman sekarang, bus zaman dulu dijual utuh, bukan terpisah antara bodi dan sasis. Jadi ketika ke showroom atau diler merek tertentu, sudah tersedia busnya utuh, bukan sasis.

Kemudian pada Januari 1982, Trijaya Union mendapatkan bimbingan dan bantuan teknis dari KUREHA Motors atau sekarang dikenal dengan Manufacturer Mitsubishi Bus, anak perusahaan Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

"Mitsubishi sejak lama sudah bekerja sama dengan Trijaya Union. Semua bus besar Mitsubishi dibuat di sini," kata Dhimas.

Baca juga: Mana yang Terbaik, Transmisi Matik Model AT, CVT, atau DCT?

Produk Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Produk Karoseri Trijaya Union

Trijaya Union sampai saat ini punya tiga divisi, yakni assembly chassis, komponen, dan karoseri. Untuk karoseri, Trijaya Union bisa membuat berbagai jenis kendaraan.

"Produk kita variatif dari mulai bus, bus besar, medium bus, micro bus, dan special vehicles (ambulans, mobil angkutan pasukan, huru-hara, mobil utility triton box besi, mobil covid, mobil vaksin medium bus)," ucap Dhimas.

Produk bus dari Trijaya Union ini juga digunakan oleh berbagai operator dan terkenal akan ketangguhannya. Apalagi sejak lama, Trijaya Union kerap membuat bus yang sudah sesuai dengan standar dari Mitsubishi, jadi sudah terjamin.

Baca juga: Bus Dibuat Oleng, Potret Kebodohan Sopir Bus di Indonesia

Bus PO Haryanto buatan Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Bus PO Haryanto buatan Karoseri Trijaya Union

Mengenai produk bus, Trijaya Union memberi nama bodinya yakni Triun yang merupakan akronim dari Trijaya Union. Sempat saat awal juga disebut dengan "IIIiun" atau 3iun yang juga dibaca 'Triun'.

Saat ini, Trijaya Union sedang mencoba untuk bisa dikenal oleh kalangan muda dan awam. Oleh karena itu, dirilislah bodi terbaru dengan nama Dehanda Triun DX yang punya desain menawan khas bus Eropa.

Baca juga: Sering Pakai Pertalite, Mobil Bisa Kehilangan Garansi

Bus AKAP baru PO Rajawali Citra Transport pakai bodi Dehanda Triun DX dari Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Bus AKAP baru PO Rajawali Citra Transport pakai bodi Dehanda Triun DX dari Karoseri Trijaya Union

"Empat (produk baru) saya siapkan, dua mikrobus, 1 medium bus, 1 big bus. Dari big bus ada dua varian, single dan double. Filosofi desainnya simpel, saya mau mobil yang semua orang bisa terima," ucapnya.

Menarik untuk ditunggu operator lainnya menggunakan bodi buatan Trijaya Union, jadi semakin ramai model bus yang ada di jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com