Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Puncak Bogor

Kompas.com - 09/07/2022, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau masih ramai lancar.

“(Jalur Puncak) masih lancar, lancar dua arah,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, dalam keterangan resminya, Jumat (8/7/2022).

Meski belum terlihat ada peningkatan volume kendaraan di jalur tersebut, Satlantas Polres Bogor tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi adanya kemacetan di Jalur Puncak Bogor.

Baca juga: Biaya Perbaikan Spiral Kabel Klakson Mobil Tembus Rp 1 Jutaan

Pihaknya akan memberlakukan ganjil genap bagi kendaraan menuju Puncak sekitar pukul 14.00 WIB.

Penerapan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021, di mana ganjil genap menuju Puncak diberlakukan H-1 libur nasional dan setiap akhir pekan mulai Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Siang nanti tetap (ganjil genap). Kan itu sudah sesuai dengan Permenhub, kita laksanakan,” kata dia.

Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.

Baca juga: Bus Dibuat Oleng, Potret Kebodohan Sopir Bus di Indonesia

Kemudian, hari Sabtu dan Minggu atau bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha pihaknya berencana akan menormalkan arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan mobilitas masyarakat melakukan salat Idul Adha.

“Pas salat ied pasti semua normal, kan warga sekitar banyak yang melaksanakan salat id. Kita lihat volume arus kalau padat kita mainkan one way,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com