Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Bus Trans Padang Dilengkapi dengan Teknologi Canggih

Kompas.com - 08/07/2022, 14:32 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meminimalisir risiko kecelakaan, layanan transportasi di Kota Padang meluncurkan unit armada Trans Padang yang makin canggih yang dilengkapi dengan Internet of Things TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet.

Peluncuran Koridor V Trans Padang rute Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol - Indarung diselenggarakan pada Jumat (8/7/2022) di GSG PT Semen Padang.

Acara ini dihadiri oleh Presiden Direktur TKDN, David Santoso, Walikota Padang, Hendri Septa, Kadishub Kota Padang, Yudi Indra Sani dan Plt. Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Rico Rahmadian Albert.

Baca juga: Jadwal Ganti Drive Belt Mobil Setiap 40.000 Km atau jika Sudah Retak?

“Koridor V ini telah disediakan 10 unit bus Trans Padang, dan akan terus kami tambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik,” ucap Walikota Padang, Hendri Septa, dalam keterangan resmi, Jumat (8/7/2022).

PT. TKDN bersama dengan Operator BUMD Padang Sejahtera Mandiri (PSM) melakukan kerja sama untuk penyediaan perangkat telematika berbasis IoT (TAM Fleet) di armada Trans Padang, beberapa alat IoT diantaranya MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox.

PT TKDN Mendukung Layanan Trans Padang dengan Perangkat Canggih IoT TAM FleetDOK. PT TKDN PT TKDN Mendukung Layanan Trans Padang dengan Perangkat Canggih IoT TAM Fleet

PT TKDN bekerjasama dengan operator Trans Padang untuk alat-alat Internet of Things TKDN Advance Mobility (TAM) Fleet, yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi yang terbukti meningkatkan keselamatan armada,” ucap Presiden Direktur TKDN, David Santoso.

Baca juga: Realisasi Investasi Kendaraan Listrik Foxconn Dimulai Akhir 2022

Selain kerjasama dengan operator Trans Padang, baru-baru ini PT TKDN juga melakukan kerjasama dengan Perum PPD.

“Sesuai komitmen kami, akan terus fokus dan mendorong dunia transportasi lebih baik kedepannya dengan membawakan teknologi terkini khususnya di transportasi darat,” tutup David Santoso.

Sebagai informasi, Trans Padang beroperasi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dengan tarif Rp 1.500 untuk anak-anak dan dan Rp 3.000 untuk umum atau orang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com