Motor Pertama Suzuki, Punya Wujud Mirip Sepeda Onthel

Kompas.com - 29/06/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki merupakan salah satu produsen kendaraan bermotor terbesar asal Jepang. Produknya berbagai jenis, mulai dari mobil, sepeda motor hingga mesin kapal.

Tahun ini yaitu 2022 menandai 70 tahun Suzuki berkecimpung di roda dua. Adapun motor pertama Suzuki ialah Suzuki Power Free, yang meluncur bulan Juni 1952.

Mengutip Rideapart, jangan bayangkan Suzuki Power Free seperti motor yang ada saat ini. Secara garis besar bentuknya masih seperti sepeda gowes atau sepeda onthel yang diberikan mesin.

Baca juga: Ingat Lagi Bahaya Naik Motor Sambil Main HP

Bentuk ban, setang, rangka atas, sadel atau jok dan tungkai gowesan persis seperti sepeda onthel. Bedanya ialah di atas down tube ada mesin tempel kecil sebagai identitas bahwa ini merupakan motor.

Suzuki GSX-R150Suzuki Suzuki GSX-R150

Suzuki Power Free disebut tak bisa lepas dari perkembangan industri di Jepang khususnya alat tenun tekstil.

Suzuki membuat cetak biru motor di mana prototipe pertama Suzuki Power Free dimulai pada awal Januari 1952. Prototipe pertama itu dijuluki Atom, dan dilengkapi dengan mesin 30cc.

Tak lama kemudian Suzuki kembali membuat versi yang lebih kuat, karena tenaga Atom di atas kertas cuma 0,2 tk sehingga terlalu kecil dan kurang menarik.

Baca juga: Cara Merawat Interior Panel Kayu Agar Tetap Terlihat Mewah

Prototipe kedua kemudian diluncurkan pada 3 Maret 1952. Kali ini dengan mesin berkapasitas 36cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 1 tk pada 4.000 rpm.

Shinzo Suzuki, direktur perusahaan saat itu, dan Michio Suzuki, pendiri perusahaan, mengetes langsung prototpe kedua tersebut untuk membuktikan kenyamanan dan performa motor.

Berdasarkan saran keduanya, para pekerja saat itu kemudian melakukan penyesuaian dan hasilnya ialah Suzuki Power Free. Motor yang tetap memakai gowesan sepeda, tanpa suspensi, dan ban yang diambil langsung dari sepeda.

1952 Suzuki Power Free E1Foto: mbike.com 1952 Suzuki Power Free E1

Alasan masih mempertahankan gaya sepeda gowes karena memungkinkannya bergerak mirip sepeda biasa. Namun motornya dilengkapi sistem transmisi dua percepatan yang inovatif dengan kopling multi-pelat.

Baca juga: New Mitsubishi Colt L300 Masih Impor dari Filipina

Suzuki Power Free akhirnya resmi diperkenalkan pada tanggal 5 Juni 1952. Namun motor ini disebut tidak langsung sukses karena Jepang memberlakukan sejumlah aturan pada Agustus 1952.

Usai melansir Suzuki Power Free, pabrikan asal Hamamatsu itu kemudian mengembangkan motor yang lebih bertenaga. Hasilnya lahirlah Suzuki Diamond Free yang mengusung mesin 60cc pada 1953.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber rideapart
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.