Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Pertama Suzuki, Punya Wujud Mirip Sepeda Onthel

Tahun ini yaitu 2022 menandai 70 tahun Suzuki berkecimpung di roda dua. Adapun motor pertama Suzuki ialah Suzuki Power Free, yang meluncur bulan Juni 1952.

Mengutip Rideapart, jangan bayangkan Suzuki Power Free seperti motor yang ada saat ini. Secara garis besar bentuknya masih seperti sepeda gowes atau sepeda onthel yang diberikan mesin.

Bentuk ban, setang, rangka atas, sadel atau jok dan tungkai gowesan persis seperti sepeda onthel. Bedanya ialah di atas down tube ada mesin tempel kecil sebagai identitas bahwa ini merupakan motor.

Suzuki Power Free disebut tak bisa lepas dari perkembangan industri di Jepang khususnya alat tenun tekstil.

Suzuki membuat cetak biru motor di mana prototipe pertama Suzuki Power Free dimulai pada awal Januari 1952. Prototipe pertama itu dijuluki Atom, dan dilengkapi dengan mesin 30cc.

Tak lama kemudian Suzuki kembali membuat versi yang lebih kuat, karena tenaga Atom di atas kertas cuma 0,2 tk sehingga terlalu kecil dan kurang menarik.

Prototipe kedua kemudian diluncurkan pada 3 Maret 1952. Kali ini dengan mesin berkapasitas 36cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 1 tk pada 4.000 rpm.

Shinzo Suzuki, direktur perusahaan saat itu, dan Michio Suzuki, pendiri perusahaan, mengetes langsung prototpe kedua tersebut untuk membuktikan kenyamanan dan performa motor.

Berdasarkan saran keduanya, para pekerja saat itu kemudian melakukan penyesuaian dan hasilnya ialah Suzuki Power Free. Motor yang tetap memakai gowesan sepeda, tanpa suspensi, dan ban yang diambil langsung dari sepeda.

Alasan masih mempertahankan gaya sepeda gowes karena memungkinkannya bergerak mirip sepeda biasa. Namun motornya dilengkapi sistem transmisi dua percepatan yang inovatif dengan kopling multi-pelat.

Suzuki Power Free akhirnya resmi diperkenalkan pada tanggal 5 Juni 1952. Namun motor ini disebut tidak langsung sukses karena Jepang memberlakukan sejumlah aturan pada Agustus 1952.

Usai melansir Suzuki Power Free, pabrikan asal Hamamatsu itu kemudian mengembangkan motor yang lebih bertenaga. Hasilnya lahirlah Suzuki Diamond Free yang mengusung mesin 60cc pada 1953.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/29/100200415/motor-pertama-suzuki-punya-wujud-mirip-sepeda-onthel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke