Kompas.com - 16/06/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film saat ini memiliki peran penting bagi para pengemudi. Selain memberikan ruang privasi di dalam mobil, piranti ini juga dipercaya mampu meredam sinar matahari yang masuk dan membuat area kabin lebih sejuk.

Tanpa menggunakan kaca film, mobil akan terasa panas dan silau karena sinar matahari langsung masuk pada interior mobil tanpa ada ada penghalang sama sekali.

Kendati demikian, banyak pemilik mobil belum paham bahwa kaca film juga memiliki batas usia pemakaian tertentu. Lama tidaknya umur kaca film ini dipengaruhi oleh perawatan kendaraan yang dilakukan oleh sang pemilik.

Baca juga: Video Mobil Nyelonong Tabrak Pagar Akibat Lupa Rem Tangan

Saat kaca film mulai rusak, biasanya ada tanda-tanda yang bisa dideteksi oleh sang pemilik mobil. Sehingga, saat gejala sudah muncul bisa segera dilakukan penggantian agar tidak mengganggu visibilitas pengemudi.

Christopher Sebastian, CEO Makko Group, mengatakan, ada beberapa indikasi yang bisa dilihat secara fisik dan menjadi penanda bahwa kaca film sudah mulai rusak.

Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan
 “Misalkan kaca film mulai terlihat kusam, warna yang tidak senada lagi, ada bagian yang terkelupas atau munculnya gelembung udara,” ucap Christopher kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, Christopher menambahkan, kaca film yang sudah mulai rusak juga akan terlihat dari warnanya.

Biasanya kaca film yang rusak akan berubah menjadi kebiru-biruan atau juga ungu. Di samping itu, juga kondisinya sudah mengganggu visibilitas pengemudi.

Baca juga: Pengendara Motor Lebih Baik Berteduh Saat Hujan Demi Keamanan

“Jika kondisi kaca film sudah menunjukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera dilakukan penggantian kaca film yang baru,” kata Christopher.

Christopher melanjutkan, pada dasarnya usia normal pemakaian kaca film bisa dikatakan cukup lama, yakni antara empat sampai lima tahun.

“Ini dengan catatan perlakuan pemilik mobil terhadap kaca film juga harus benar untuk tetap menjaga seberapa awet,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.