Fortuner Pelat RF Terobos Busway, Lolos meski Ada Polisi

Kompas.com - 16/06/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil berpelat RF menerobos jalur bus transjakarta di daerah Ragunan, Jakarta Selatan.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram Merekam Jakarta, terlihat mobil Toyota Fortuner berpelat B 1497 RFY berhenti di belakang bus transjakarta lantaran tertahan lampu merah.

Tak lama berselang, bus transjakarta kemudian mulai maju dan diikuti oleh mobil pelat RFY itu.

Tepat di persimpangan jalan, terdapat seorang anggota polisi lalu lintas yang tengah bertugas. Petugas itu pun melihat dengan jelas mobil pelat RFY itu melintas di jalur transjakarta, tetapi tak diberi tindakan.

Baca juga: Video Mobil Nyelonong Tabrak Pagar Akibat Lupa Rem Tangan

Terkait hal itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (11/6/2022) sekitar pukul 15.00 WIB di Jalan Taman Margasatwa Raya Ragunan menuju ke Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Sambodo tak memerinci soal identitas pelanggar tersebut. Dia hanya menjelaskan bahwa pengemudi saat itu merupakan pegawai pemerintahan.

“Kami menemukan bahwa kendaraan tersebut Fortuner warna hitam adalah memang betul kendaraan yang dimiliki oleh instansi pemerintah. Pengemudinya betul merupakan pegawai di salah satu instansi pemerintah tersebut,” ujar Sambodo dalam keterangan resminya, Rabu (15/6/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MEREKAM JAKARTA KOTA (@merekam.jakarta)

Lebih jauh, Sambodo mengungkapkan, alasan pengemudi itu menerobos jalur bus transjakarta lantaran tengah membawa orang sakit. Namun, belum dapat dipastikan kebenaran alibi pengendara itu.

“Saat itu sedang mau mengantar saudaranya ke rumah sakit. Saat itu kondisi sedang macet, kemudian masuk ke jalur busway. Nanti kita dalami lagi, kan baru hari ini orangnya. Ini baru pengakuan sementara dari yang bersangkutan,” kata dia.

Sambodo melanjutkan, ia akan menindak tegas dengan menilang dan mencabut surat-surat mobil Toyota Fortuner dengan nopol B 1497 RFY yang menerobos busway atau jalur bus transjakarta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.