Operasi Patuh Candi 2022 di Brebes Fokus pada 7 Sasaran Pelanggaran

Kompas.com - 13/06/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Brebes mulai melaksanakan Operasi Patuh Candi 2022 pada Senin (13/6/2022) sampai 26 Juni 2022.

Operasi Patuh Candi 2022 merupakan rangkaian dari Operasi Patuh yang diselenggarakan serentak oleh Satuan Polisi Lalu Lintas seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, beberapa Operasi Patuh punya sasaran pelanggaran yang berbeda-beda. Misalnya seperti yang dilakukan di Operasi Patuh Candi 2022, ada tujuh target prioritas penindakan seperti berikut:

Baca juga: Beredar Video Pemasangan Stiker RFID untuk Bayar Tol Tanpa Kartu

Polisi belum menilang pengendara mobil yang melanggar pemberlakuan ganjil genap di Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Polisi belum menilang pengendara mobil yang melanggar pemberlakuan ganjil genap di Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022).

1. Bagi pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara
2. Pengemudi atau pengendara di bawah umur
3. Sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang
4. Sepeda motor tidak menggunakan helm SNI
5. Pengemudi atau pengendara kendaraan dalam pengaruh atau mengkonsumsi Alkohol
6. Pengendara melawan arus
7. Melebihi batas kecepatan

Dikutip dari laman Korlantas Polri, Kasat Lantas Polres Brebes AKP Endah Setianingsih menjelaskan, Operasi Patuh Candi 2022 dengan sasaran pengendara yang tidak mematuhi aturan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta kelengkapan surat surat kendaraan.

“Dengan di gelarnya Operasi Patuh Candi 2022 selama 14 hari yang akan di mulai pada tanggal 13 sampai 26 Juni, dengan harapan meningkatkatnya kepatuhan dan disiplin berlalu lintas di masyarakat," ucapnya dikutip Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Daftar Sasaran Operasi Patuh Lodaya 2022 di Kota Bogor


Lebih lanjut Kasat Lantas juga mengajak masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas, dengan tertib berlalu lintas akan menyelamatkan anak bangsa.

Endah juga menyampaikan bahwa operasi patuh Candi 2022 nantinya digelar lebih pada pendekatan serta pencegahan dan persuasif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.