Bus Unik Milik Sumber Anugrah, Single Glass tapi Mirip Double Glass

Kompas.com - 10/06/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO pariwisata Sumber Anugrah baru saja merilis satu unit bus dari Karoseri Adiputro. Jika diperhatikan, bus baru Sumber Anugrah punya tampilan yang unik, sekilas seperti double glass, tapi ternyata hanya stiker.

Uniknya, pada bagian kaca depan dipasang stiker menyerupai sekat kaca atau bando yang umumnya dipakai pada bus double glass. Selain itu, stiker ini juga menampilkan gambar harimau sedang memegang bando, memberi efek tiga dimensi.

Padahal, bus ini menggunakan bodi Jetbus 3+ HD, alias model single glass dari Karoseri Adiputro. Jadi dengan ditempelnya stiker tersebut, kalau dilihat sekilas saja dari jauh, nampak seperti bus double glass.

Baca juga: Mayasari Bakti Resmi Operasikan 30 Unit Bus Listrik dan Pasang SPKLU

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Bus dengan bodi double glass memang nampak lebih keren jika dilihat dari luar. Adanya dua kaca depan memberi efek bus layaknya model double decker atau bus tingkat.

Tapi sayang, jika memakai model double glass, pandangan penumpang ke kaca depan jadi terhalang. Sehingga sebenarnya kurang nyaman untuk orang yang senang melihat pemandangan.

Sedangkan bus single glass, pandangan ke luar jadi lebih lega, tapi tampilan dari luar nampak klasik, kurang modern. Mungkin dengan penambahan stiker seperti yang dilakukan Sumber Anugrah bisa jadi solusi yang menarik.

Baca juga: 5 Aksesori Mobil yang Sebenarnya Berbahaya, tapi Tetap Dijual Bebas


Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, ide dari dipasangnya stiker pada unit Sumber Anugrah merupakan ide dari pemiliknya. Stiker pun dibawa sendiri, bukan buatan karoseri.

"Iya permintaan yang punya biar seperti dua kaca. Dia bawa sendiri stikernya, karoseri tinggal pasang saja," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

Secara umum, bus Sumber Anugrah menggunakan spesifikasi bus pariwisata. Misalnya di bagian kabin terdapat bangku yang disusun 2-2 dan dilengkapi dengan dispenser di bagian depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.