5 Aksesori Mobil yang Sebenarnya Berbahaya, tapi Tetap Dijual Bebas

Kompas.com - 09/06/2022, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang menyematkan aksesori pada mobilnya dengan berbagai alasan. Namun, tak sedikit yang paham bahwa aksesori tertentu sebenarnya memiliki potensi bahaya.

Beberapa aksesori mobil memang dijual secara bebas. Tapi, terkadang ada beberapa orang yang tidak paham cara aman menggunakannya, sehingga membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Sebab Bisnis Aksesori Mobil Sekarang Sepi

Berikut deretan aksesori mobil yang berpotensi bahaya:

1. Gantungan Spion Tengah

Bahaya menggantungkan pengharum kabin dari botol di spion tengahDok. Hondasolobaru.co.id Bahaya menggantungkan pengharum kabin dari botol di spion tengah

Menggantung hiasan atau parfum mobil di spion tengah lebih banyak negatif dibandingkan positif. Posisinya yang ada di tengah bukan tak mungkin dapat menghalangi visibilitas pengemudi.

Selain itu, jika wadah yang digunakan terbuat dari kaca atau bahan yang keras, bisa saja mengenai kaca saat pengereman mendadak. Sehingga, kaca menjadi retak atau pecah.

Baca juga: Jeritan Pedagang Aksesori Mobil di MGK Kemayoran

"Dari sisi safety driving, kita harus memperhatikan visibilitas windshield kita. Kaca retak bisa menyebabkan terganggunya visibilitas," ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

2. Knop Setir

Forklift knob di lingkar kemudicandoability Forklift knob di lingkar kemudi

Pada kendaraan berat, seperti forklift, terdapat knop pada bagian setirnya untuk membantu pengemudi memutarnya. Aksesori tersebut banyak juga dijual untuk mobil penumpang.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, di luar negeri, aksesori tersebut dinamakan "Suicide Knob". Menurutnya, penggunaan knop ini pada setir mobil sangat berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.